Yuk Pahami Apa Itu Baking Soda Serta Kegunaannya

Auto Draft

Bagi kamu yang menyukai olahan kue, tentu tidak asing dengan bahan makanan yang bernama baking soda ini. Walaupun kegunaannya hanya dikhususkan ke beberapa jenis makanan saja, namun kegunaan dari bahan yang satu ini sangatlah penting. Baking soda sendiri merupakan bahan masakan yang mengandung natrium bikarbonat atau soda bikarbonat, bahan ini menyebabkan proses pengembangan dalam bahan yang dicampur sehingga sangat cocok untuk membuat kue. 

Sebagian orang percaya bahwa baking soda menjadi kunci sukses dalam membuat olahan makanan berbahan adonan, karena kebanyakan produksi makanan yang gagal diakibatkan oleh baking soda yang gagal mengembang. Selain memiliki kemampuan sebagai bahan pengembang, ternyata terdapat segudang manfaat dari bahan yang bernama baking soda ini. Mari kita lihat ulasan serta manfaat baking soda selengkapnya di bawah ini.

Auto Draft

1. Memasak

Salah satu kegunaan baking soda yang paling umum diketahui adalah sebagai bahan memasak, baking soda dipilih sebagai bahan pengembang adonan kue paling tepat. Penggunaan baking soda yang terlalu berlebihan justru kurang baik untuk adonan tersebut, untuk itu kebanyakan orang memilih untuk menggunakan baking soda dengan kuantitas yang sedikit. Penggunaan baking soda yang berlebihan juga mampu merubah cita rasa suatu masakan, sehingga ketepatan takaran dalam menggunakan baking soda sangatlah penting untuk diperhatikan. 

2. Membersihkan Beberapa Barang

Kegunaan baking soda lainnya yang memiliki manfaat cukup baik adalah sebagai bahan untuk membersihkan barang-barang dapur. Kandungan asam dalam baking soda mampu membersihkan lemak-lemak membandel yang menempel pada perabot rumah tangga. Untuk penggunaannya kamu cukup mencampur baking soda dan jeruk lemon, setelahnya siram menggunakan air panas. Maka perabot rumah tangga mu akan bersih dan kembali seperti baru lagi. Salah satu percobaan eksperimen pernah menyebutkan bahwa baking soda mampu membuat saluran air yang mampet menjadi lancar kembali.

3. Membersihkan Diri

Bagi kaum wanita yang ingin memiliki gigi putih dan kulit bersih, kamu bisa menggunakan baking soda sebagai bahan untuk perawatan. Baking soda dipercaya mampu merontokkan karang gigi yang selama ini menempel, kamu cukup menambahkan baking soda dan pasta gigi dalam alumunium kemudian ditempelkan di permukaan gigi. Perawatan ini bisa membuat karang gigi rontok dan gigi tampak lebih putih, namun jangan terlalu sering menggunakan baking soda pada area gigi karena bisa merusak syaraf yang ada didalamnya.

Baking soda juga bisa menjadi bahan masker untuk tubuhmu, khususnya bagian kulit yang berwarna hitam. Kandungan bahan yang ada dalam baking soda mampu mengangkat sel kulit mati dalam kulit, sehingga dengan pemakaian teratur kulit akan berangsur-angsur menjadi putih bersih. Namun, jangan sekali-kali menggunakan baking soda pada permukaan kulit yang terluka karena hal ini akan membuat lukamu semakin terinfeksi dan lebih parah. 

4. Sebagai Bahan Pencuci Buah-buahan

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa baking soda memiliki manfaat sebagai bahan pencuci buah. Selama ini kamu mungkin menggunakan sabun sebagai bahan mencuci buah, namun kali ini kamu bisa mengubah sabun tersebut dengan baking soda. Caranya cukup campurkan sedikit baking soda dalam air, lalu cuci buah secara bersih. Kandungan bahan yang ada di baking soda mampu merontokkan kuman-kuman dan sisa insektisida yang ada dalam buah, sehingga sangat baik untuk digunakan sebagai bahan pencuci buah. 

 

Itulah tadi kegunaan dari baking soda yang bisa kamu pahami lebih baik lagi, semoga bermanfaat!