Kandungan Nutrisi Sabut Kelapa dan Pemanfaatannya

Auto Draft

Kandungan nutrisi sabut kelapa tentu sangat melimpah dan bisa dimanfaatkan sebagai berbagai macam olahan. Pada pemanfaatannya tadi kamu harus benar benar mencocokan mengenai kandungan dan bagaimana olahan kegunaanya, supaya keduanya bisa benar benar berkaitan dan bisa memberi manfaat pada kegunaannya.

Umumnya jenis buah dan sayur memang memiliki kandungan nutrisi, tapi tidak pada semua bagian dari buah ataupun sayur itu. Jadi biasanya terletak di beberapa bagian saja. Namun pada kelapa, sabut yang membungkusnya pun memiliki kandungan nutrisi. Dan untuk mengetahuinya kamu bisa menyimak artikel ini sampai habis.

Karena adanya kandungan nutrisi tadi, maka kita akan membahas mengenai apa saja kandungan nutrisi yang terkandung pada sabut kelapa dan apa saja olahan yang bisa dibuat. Silahkan disimak sampai habis ya!!!

 

Sabut Kelapa

Auto Draft

Pada bagiannya, sabut kelapa merupakan salah satu limbah dari buah kelapa yang sudah tidak dipakai. Yang mana sabut kelapa ini bisa berguna untuk membungkus dan melindungi buah kelapa supaya isi dari buah kelapa tetap terjaga kualitasnya. Selain itu sabut kelapa juga memiliki kandungan nutrisi yang akan baik jika diolah lebih lanjut.

Dengan adanya kandungan nutrisi dan bisa diolahnya sabut kelapa tadi, maka ada pula mesin yang bisa membantu pengolahan sabut kelapa. Yaitu mesin sabut kelapa yang nantinya akan memudahkan kamu ketika akan mengolah sabut kelapa tadi. Kebanyakan orang orang mengolah sabut kelapa ini untuk media tanam.

 

Kandungan Nutrisi Sabut Kelapa

Secara umum kandungan yang terkandung pada sabut kelapa cukup beragam dan bisa memberikan manfaat yang berbeda beda pada setiap kandungannya. Namun yang jelas kandungan sabut kelapa disusun dari unsur organik dan juga mineral, seperti berikut ini :

  1. Hemisellulose, yang merupakan bagian mudah larut dalam air.
  2. Sellulose, yang merupakan bagian tidak mudah larut dalam air dan umumnya merupakan bagian utama yang ada pada sabut kelapa bersamaan dengan Lignin.
  3. Pectin
  4. Nitrogen
  5. Magnesium
  6. Kalsium dan Kalium
  7. Protein

Selain jenis kandungan yang tadi sudah disebutkan, pada sabut kelapa juga tentunya terdapat kandungan air yang akan bisa dijadikan cadangan air saat sabut kelapa diolah sebagai media tanam. Selain itu sabut kelapa juga memiliki kandungan asam sulfat yang juga bisa diolah dengan mesin pengurai sabut kelapa sehingga bisa membantu pembuatan K2SO4 untuk pupuk.

 

Pemanfaatan Sabut Kelapa untuk Pupuk Cair Kcl

Auto Draft

Selain dengan diolah menjadi media tanam, sabut kelapa ini juga bisa diolah sebagai pupuk yang bisa bermanfaat untuk tanaman. Bagi kamu yang masih belum tau bagaimana cara pembuatannya, simak dibawah ini ya! Karena disini saya akan rangkumkan cara pembuatannya.

Alat dan Bahan :

  • 25 kg sabut kelapa
  • 40 l air
  • Ember atau drum dengan tutup
  • Ragi tape
  • Gula pasir
  • Bakteri EM-4

Cara Membuat :

  1. Cara pembuatan yang pertama, tentu saja kamu harus memasukkan sabut kelapa ke dalam ember atau drum yang sudah kamu siapkan. Yang selanjutnya kamu beri taburan ragi tape, gula pasir dan juga bakteri EM-4 pada ember tadi.
  2. Setelah itu isi air pada ember yang telah diisi oleh campuran bahan. Usahakan air terisi sampai sabut kelapa terendam.
  3. Jika sudah terendam, tutup ember lalu diamkan sampai 2 minggu atau setidaknya sampai air yang ada mengalami perubahan warna menjadi kecoklatan.
  4. Ketika sudah 2 minggu atau air sudah berubah warna, maka pupuk cair kcl dari sabut kelapa telah jadi dan siap digunakan.

Pengaplikasian

Pada pengaplikasiannya kamu bisa memberikan pupuk cair kcl ini sebanyak 2 kali pada satu musim tanam yang mana bisa dilakukan seperti berikut ini :

  1. Yang pertama, bisa kamu aplikasikan pada saat tanaman belum ditanam, jadi kamu gunakan sebagai pupuk dasar pada lahan yang masih kosong. Atau bisa juga kamu aplikasikan pada saat pengolahan tanah untuk ditanam.
  2. Lalu yang kedua, aplikasikan pada saat tanaman sudah mulai tumbuh atau saat awal tumbuh tanpa tambahan air.

Dengan pemanfaatan ini maka sudah terlihat bagaimana pentingnya kandungan nutrisi dari sabut kelapa untuk diolah. Karena jika tidak maka akan menjadi limbah yang terus menumpuk. Maka dari itu kamu bisa mengolahnya dengan bijak, salah satunya yaitu dengan membuat pupuk tadi.

 

Penutup

Kandungan nutrisi sabut kelapa sebenarnya tidak ada yang spesifik, karena bisa saja pada saat pengolahan ada kandungan nutrisi yang hilang. Namun setidaknya tadi sudah disebutkan beberapa kandungan yang umumnya memang ada pada sabut kelapa. Semoga bermanfaat ya!