Aneka Masakan Bawang Bombay yang Bisa Kamu Coba

Auto Draft

Aneka masakan bawang bombay kini banyak ditemukan, entah itu menjadi bahan dasar pembuatannya atau hanya sekedar untuk pelengkap saja. Bawang bombay bisa membuat rasa masakan yang telah kita buat menjadi lebih enak dan gurih. Kandungan yang terdapat pada bawang bombay juga melimpah.

Dengan kandungan tersebut tentu saja bawang bombay juga memiliki manfaat yang baik dan berarti bagi tubuh dan kesehatan para pengonsumsinya. Adanya kandungan tadi berarti bawang bombay harus dimasak dengan baik supaya kandungan yang tetap terjaga. Karena dengan pemasakan  atau pengolahan yang salah, kandungan yang ada bisa berkurang atau bahkan hilang.

Untuk pengolahannya kamu bisa terus menyimak artikel ini. Jika kamu ingin mengetahui aneka masakan bawang bombay juga kamu bisa menyimak artikel ini. Karena disini kita memang akan membahas mengenai aneka masakan bawang bombay, jadi silahkan disimak ya!

 

Bawang Bombay

Auto Draft

Bawang bombay ini tentu berbeda dengan bawang merah dan juga bawang putih. Ukuran yang ditampilkan dari bawang bombay ini juga jauh berbeda dengan bawang merah dan putih. Karena umumnya bawang bombay ini memiliki ukuran yang lebih besar. Sesuai dengan namanya bawang bombay ini termasuk dalam jenis sayuran umbi lapis.

Rasa yang ditawarkan bawang bombay ini umumnya manis, karena kandungan gula yang ada pada bawang bombay juga termasuk tinggi. Pada pengolahan bawang bombay kamu bisa menggunakan mesin pengupas bawang sebelum akan diolah, supaya bawang bombay yang akan kamu masak bisa langsung digunakan.

 

Manfaat Bawang Bombay

Seperti apa yang tadi sudah disampaikan bahwa bawang goreng ini memiliki kandungan yang bisa memberikan manfaat untuk tubuh dan kesehatan para pengonsumsinya. Kandungan yang ada berupa gisi, air, serat, gula, vitamin dan juga mineral. Selain itu juga terdapat kandungan garam seperti kalsium, magnesium dan yang lainnya.

Dengan kandungan tadi maka disini saya akan tampilkan beberapa manfaat bawang bombay.

1. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Kandungan senyawa belerang yang ada pada bawang bombay bisa mencegah adanya peradangan di pembuluh darah, mengurangi adanya gumpalan trombosit, serta bisa meningkatkan kandungan oksida nitrat pada tubuh.

2. Melindungi Jantung

Senyawa bioaktif jenis polifenol dikenal baik untuk melindungi jantung karena bisa meningkatkan fungsi pad lapisan yang ada di dalam jantung dan juga pembuluh darah. Untuk itu kandungan bioaktif jenis polifenol tadi juga dimiliki oleh bawang bombay. Sehingga konsumsi bawang bombay juga bisa melindungi jantung.

Kandungan lainnya juga bisa mengurangi kolesterol, mengurangi tekanan darah, serta mengurangi adanya gumpalan darah.

3. Menumbuhkan Rambut

Manfaat yang satu ini bisa terjadi karena adanya sulfur pada bawang bombay yang bisa memproduksi kolagen lebih banyak. Kolagen ini yang akan memproduksi sel kulit dan juga bertumbuhnya rambut. Selain itu, bawang bombay juga bisa meningkatkan sirkulasi darah.

 

Aneka Masakan Bawang Bombay

Auto Draft

Jika tadi sudah dibahas mengenai kandungan dan juga manfaat yang diberikan bawang bombay, kini kita akan membahas topik utamanya yaitu aneka masakan bawang bombay. Bagi yang tidak tahu, bawang bombay ternyata bisa juga dibuat sebagai masakan yang bisa dikonsumsi loh. Berikut ini aneka masakannya.

1. Cheesy Onion Ring

Masakan yang satu ini biasa dikonsumsi sebagai cemilan. Proses pembuatannya yaitu bawang bombay yang sudah dikupas kemudian diiris atau dirajang menggunakan pisau atau jika kamu akan membuat porsi yang lebih besar kamu juga bisa menggunakan mesin perajang bawang.

Dan setelahnya kamu bisa membuat adonan yang mana didalamnya juga diberi keju, untuk inovasinya kamu bisa menggunakan keju sejenis mozarella supaya ada sensasi lain yang dirasakan saat mengkonsumsi cheesy onion ring ini. Saat disajikan kamu juga bisa menggunakan saus untuk cocolan.

2. Telur Dadar Bawang Bombay

Jika tadi bawang bombay menjadi bahan dasar, maka ini merupakan masakan yang bawang bombaynya dijadikan pelengkap saja. Kini untuk memasak telur dadar kamu juga bisa menggunakan inovasi baru loh, yaitu dengan menambahkan bawang bombay. Yang mana kamu juga bisa menambahkan daun bawang supaya rasa yang ditawarkan lebih enak.

Masakan telur dadar bawang bombay ini bisa kamu masak di rumah. Jadi kamu tidak perlu membelinya, karena proses pembuatannya pun mudah.

3. Udang Tumis Bawang Bombay

Masakan ini juga sama seperti masakan telur dadar tadi, bawang bombay digunakan sebagai pelengkap saja. Selain dengan udang kamu juga bisa mengolah bawang goreng dengan ayam, sapi atau olahan lainnya. Karena memang bawang bombay ini ada untuk membantu melengkapi suatu masakan.

 

Penutup

Pada pengolahan aneka masakan bawang bombay kamu bisa menyesuaikan dengan apa yang memang akan kamu masak. Untuk membuatnya kamu juga harus mencocokkan rasa dari masakan yang akan diolah dan bawang bombaynya. Supaya saat masakan sudah jadi, rasa yang ditawarkan bisa sesuai dengan keinginanmu.

Mungkin itu saja yang bisa disampaikan, semoga apa yang sudah disampaikan di atas bisa menambah pengetahuanmu ya dan semoga juga bermanfaat!