Islami, Kata-Kata Sabar yang Membuat Hati Tenang

Auto Draft

Islam mengajarkan banyak hal yang penting untuk menjadi tuntunan hidup yang bisa diikuti. Di dalam Islam ada banyak hal yang bisa diamalkan agar membuat hidup selamat baik di dunia dan akhirat. Termasuk juga bagi yang merasa tidak bisa sabar, Islam sendiri mengajarkan untuk dapat sabar dan menahan amarah. Bagi yang akan marah, dinasehati agar untuk duduk apabila posisinya berdiri, kemudian lebih baik untuk berbaring apabila posisinya duduk dan masih marah. Hal tersebut bisa menjadi hal yang mengajarkan bahwa di dalam Islam diajarkan untuk bersabar dibandingkan melampiaskan amarah.

Bagi yang ingin mencoba untuk bersabar, di bawah ini ada beberapa contoh secara Islami kata-kata sabar yang bisa diperhatikan dan diamalkan sehingga akan bisa untuk memupuk sikap sabar.

Auto Draft

•    Pertama adalah dari Q.S al-A’rah ayat 126 yang berdoa untuk diberikan kesabaran dan bisa untuk berserah diri.

•    Selanjutnya juga ada dari Q.S Al-Ma’arij ayat 5 yang diberikan perintah untuk dapat bersabar dengan baik.

•    Ada juga dari HR Bukhari yang mengatakan sabar yang sesungguhnya adalah saat ada goncangan yang pertama.

•    Dalam Q.S al-Furqan 20 juga mengatakan bahwa sabar tersebut dibutuhkan ketika diturunkannya cobaan. Sehingga saat mendapatkan cobaan maka perlu untuk bersabar.

•    Dalam Ibnu Qayyim mengatakan bahwa kesabaran diartikan sebagai hati yang tidak merasa marah dan mulut yang tidak mengeluh.

•    Kesabaran juga dibutuhkan dan bisa menggambarkan diri. Di mana kesabaran saat tidak mempunyai apa-apa dan saat mempunyai segalanya.

•    Kesabaran juga bisa memberikan harapan dalam melakukan hal yang tidak mempunyai ketidakpastian.

•    Kesabaran juga dibutuhkan saat mendapatkan rintangan untuk mencapai tujuan.

•    Dalam Q.S Al-Baqarah ayat 153 dikatakan bahwa sabar dan shalat harus dijadikan sebagai penolong, karena Allah bersama orang-orang yang sabar.

 

Dan tentunya banyak sekali Islami kata-kata sabar lainnya yang ada dalam kitab suci maupun hadits riwayat Nabi. Berbagai petuah mengenai kesabaran tersebut bisa membuat Anda lebih sabar dalam melakukan hal dan mengatakan sesuatu. Sehingga semua yang akan dihasilkan akan berbuah baik karena merasa sabar di dalam perjalanannya dan dihadapi dengan kepala dan hati yang dingin.