Surat perjanjian Bagi Hasil, Simak Metode dan Prinsip yang Digunakan Disini

Auto Draft

Untuk mencapai kesepakatan kerjasama, perlu dibuat surat perjanjian agar semua pihak merasa aman dan terjamin. Dalam bisnis, surat kesepakatan ini banyak macamnya. Paling banyak dibuat seputar perjanjian bagi hasil. 

Surat ini dibuat oleh kedua belah pihak agar arah kerjasama dan pembagian keuntungannya bisa jadi jelas kedepannya. Jika Anda hendak membuat surat perjanjian bagi hasil, yuk simak ulasan selengkapnya.

 

Pengertian Kerjasama Bagi Hasil

Auto Draft

Sederhananya, surat perjanjian bagi hasil menjadi bukti yang sifatnya mengikat kedua belah pihak. Berisikan ketentuan khusus dan kesepakatan yang sudah dirundingkan sebelumnya. Pihak bisa terdiri dari 2, atau lebih.

Sesuai namanya, perjanjian ini tentu mengatur tentang pembagian keuntungan yang didapatkan oleh masing-masing orang yang terlibat. Apabila dikemudian hari hasil pembagian tidak sesuai yang tertera pada surat, maka pihak yang merasa dirugikan bisa menggugat.

Dasar Hukum Surat Perjanjian Bagi Hasil

Sebenarnya, semua surat perjanjian dalam hal apapun itu telah diatur dalam UU atas dasar asas kebebasan berkontrak. Diatur dalam Pasal 1338 KUHPer yang menyatakan:

“Semua perjanjian dibuat secara sah berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya.”

Sedangkan dasar hukum surat perjanjian ini juga diatur dalam UU No. 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas UU No.7 Tahun 1992 yang membahas tentang Perbankan.

Syarat Sah Perjanjian Bagi Hasil

Sebelum disahkan, ada syarat yang wajib dipenuhi oleh pihak terkait. Berikut poin-poinya:

  • Dibuat dengan sukarela tanpa adanya paksaan dan tuntutan dari pihak manapun
  • Pihak terlibat sudah dewasa dan tidak ada gangguan psikologis
  • Isi surat disetujui oleh masing-masing orang terlibat
  • isinya harus sesuai dengan undang-undang yang berlaku

Metode yang Bisa Diterapkan dalam Membuat Surat Perjanjian Bagi Hasil

Membuat surat kerjasama bagi hasil memang ada mekanisme atau metode khusus yang bisa digunakan. Berikut contohnya:

1. Gross Profit Sharing

Metode gross profit sharing ini dihitung berdasarkan pendapatan pihak terkait lalu dikurangi harga pokok penjualan. Keuntungan ini belum termasuk pengurangan pajak serta biaya administrasi dan beberapa pembiayaan lainnya.

2. Profit Sharing

Hampir sama dengan gross profit sharing, metode pembagian hasil satu ini disepakati oleh pihak terlibat terkait keuntungan yang akan didapatkan. Adapun laba yang nantinya didapatkan berisi dari pendapatan bersih lalu pihak bersangkutan membuat kesepakatan terkait pembagian keuntungannya.

3. Revenue Sharing

Merupakan metode kerjasama yang pendapatannya belum dikurangi dengan biaya operasional maupun komisi dalam sistem perbankan. Biasanya banyak digunakan oleh perbankan syariah yang mengatur profit sharing atau biasa dikenal dengan pembagian laba bersih.

Namun, dalam hal perjanjian bisnis, bagi hasil bisa dibicarakan di awal kesepakatan oleh kedua belah pihak yang terlibat.

Prinsip yang Digunakan dalam Perjanjian Bagi Hasil

Tak hanya metode saja, ada beberapa prinsip yang juga dijadikan pedoman agar perjanjian kian jelas dan terarah. apa aja? berikut informasinya:

Kejelasan Pemilihan usaha yang Dilakukan

sebelum disahkan, tentunya setiap pihak harus mengetahui jenis usaha apa yang akan dikembangkan sebelum akhirnya pembagian hasil. Ini dilakukan untuk menghindari perselisihan yang sangat mungkin terjadi.

Kesepakatannya Jelas

Hampir semua perjanjian menurut kontrakhukum.com tentu berisikan kesepakatan yang jelas bukan? hal ini juga berlaku dalam kesepakatan perjanjian bagi hasil. Semua harus jelas tertera, bagaimana kerjasama itu berlangsung, seperti apa permodalan dan kerjasama antar investor, dan bagaimana alokasi dananya.

Jika kesepakatan mengenai mekanisme usaha sudah mencapai mufakat, kesepakatan mengenai pembahasan hasil juga bisa dilakukan. Apakah jumlahnya sama ataukah berbeda.

 

Demikianlah beberapa informasi tentang metode perjanjian bagi hasil serta prinsip yang biasa digunakan. Semoga bisa jadi isi yang bermanfaat ya.