Cara Mendaftar Surat Izin Usaha Online

Auto Draft

Sebagai salah satu pemula bisnis, apakah Anda sudah mengetahui cara mendaftar surat izin usaha online? Hal ini tentunya sangat penting untuk dilakukan, sebab bisa mengantisipasi terjadinya berbagai hal yang tidak diinginkan. Misalkan seperti penutupan secara paksa, maupun terdapat plagiasi produk.

 

Mengapa Harus Melindungi Usaha dengan Surat Izin?

Bagi individu yang berhasil mendirikan sebuah usaha walaupun masih kecil-kecilan, serta dikembangkan secara terus-menerus pasti akan mendapatkan keuntungan besar. Salah satunya adalah dengan cara memberikan keunikan pada produk, dan mengatur strategi promosi paling akurat.

Setiap badan usaha tentunya membutuhkan surat izin produksi, karena hal ini termasuk sebagai salah satu sarana untuk mendapatkan perlindungan secara hukum. Tentunya juga memudahkan pemerintah dalam melakukan pendataan, serta jika mendaftar tidak akan terdapat kerugian.

Bahkan, hukum bisnis dalam Undang-Undang sudah mengatakan bahwa setiap badan usaha yang belum memperoleh surat izin resmi dari pemerintah, bisa dikenakan sanksi dan tentu sesuai dengan peraturan. Ketika terjadi peniruan produk, dapat menggunakan hal ini sebagai pegangan legalitasnya.

Auto Draft

Bagaimana Cara Mendaftar Surat Izin Usaha secara Online?

Surat izin usaha dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan perlindungan secara hukum, ketika suatu saat terjadi tragedi penggusuran tempat yang telah Anda miliki dalam melakukan produksi. Selain menghindari berbagai gangguan dari pihak lain, mempunyai peluang besar menghindari kerugian.

Pada umumnya proses pendaftaran bisa dilakukan di kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta tidak lupa untuk membawa beberapa berkas yang telah ditentukan sebagai persyaratannya. Akan tetapi semakin canggihnya teknologi, disediakan juga cara online seperti berikut ini:

  • Mendaftar pada website OSS
  • Melakukan pengisian formulir registrasi sesuai dengan identitas pemilik dan badan usaha
  • Centang kolom yang terdapat pada halaman syarat dan ketentuan, lalu klik “Daftar”
  • Buka e-mail aktivasi yang telah dikirim ke akun Anda
  • Bersamaan dengan notifikasi “Registrasi Berhasil”, akan diberikan username dan password
  • Kemudian kembali ke website OSS menggunakannya, dan pilih jenis permohonan sesuai bisnis
  • Terakhir centang semua kotak perizinan, lalu tinggal menunggu surat diantar ke lokasi

Berkas pelengkap yang mungkin akan Anda butuhkan, bisa berupa KTP atau paspor pemilik usaha, nomor telepon perusahaan atau pribadi, e-mail, dan juga alamat untuk pengiriman surat izin usaha jika telah disetujui. Bukankah cara itu sangat mudah dilakukan, serta tidak syaratnya tidak merepotkan.

Apa Badan Usaha yang Tidak Memerlukan Surat Izin?

Pendaftaran surat izin tentunya tidak akan dikenakan biaya, sebab semuanya telah ditanggung oleh APBN atau APBD yang beratas namakan menteri, gubernur, walikota atau bupati, serta pimpinan lembaga. Namun, pemilik usaha masih perlu mengeluarkan dana untuk proses pengirimannya.

Proses jual beli serta tawar menawar barang, tentunya bisa dikatakan sebagai sebuah peluang usaha yang dimiliki oleh setiap individu. Akan tetapi tidak semua aktivitas itu memerlukan surat izin dari pemerintah, berikut ini telah dirangkum beberapa di antara bisnis tersebut:

  • Pedagang yang tempatnya bisa berpindah-pindah tempat, seperti kaki lima, asongan, atau keliling
  • Kantor cabang dari badan usaha yang telah terdaftar sebelumnya
  • Usaha kecil yang dikelola anggota keluarga, misalkan toko sembako, warung makan, atau laundry

Akan tetapi badan usaha yang tidak memiliki surat izin resmi, biasanya lebih sulit untuk mendapatkan pinjaman tambahan modal. Kemudian juga mengurangi jangkauan promosi, serta rumit ketika ingin bekerjasama dengan perusahaan lain yang sudah mempunyai nama besar.

Apabila diamati dari kemanfaatannya, tentunya sangat berguna bagi pemilik bisnis untuk mengurangi berbagai resiko kerugian. Jika Anda merupakan pebisnis baru, apakah sudah tertarik mempelajari cara mendaftar surat izin usaha online?