Tanda-Tanda Datangnya Hari Kiamat yang Terdapat dalam Alquran

Auto Draft

Dalam Islam terdapat dua penamaan hari kiamat, kiamat sugra atau kiamat kecil adalah sebutan untuk berakhirnya hidup seseorang di dunia. sedangkan kiamat kubra atau kiamat besar adalah hancurnya dunia dan sesisinya.

Kiamat sugra sudah kita lihat dan terjadi dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan kiamat kubra belum terjadi dan tidak diketahui kapan terjadinya. Namun, sebagai wujud mencintai rukun iman yang kelima dan sebagai muslim kita harus mengerti bagaimana tanda-tanda datangnya hari kiamat agar senantiasa menjadi muslim yang taat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Di dalam Alquran Allah telah menjelaskan pada beberapa ayat tentang tanda-tanda datangnya hari kiamat itu, diantaranya manusia melakukan maksiat secara terang-terangan, zina merebak dimana-mana, ayah yang menikahi anaknya dan banyak lagi. Tanda kiamat yang disebutkan Alquran salah satunya adalah ditiup sangkakala oleh malaikat Israfil. Ditiupnya sangkalala oleh malaikat, dijadikan tanda final bahwa kiamat sudah terjadi, dan pada saat ini taubat manusia sudah tidak lagi diterima. 

Lihat Artikel Lainnya : rekomendasi guru ngaji privat terbaik di indonesia

Hal ini sesuai dengan yang dituliskan Allah di dalam Alquran, Setelah ditiup sangkakala pertama, maka Allah akan mematikan semua makhluk yang ada di dunia. Dan tiupan sangkakala yang kedua untuk menghidupkan kembali manusia menuju padang mahsyar.

Auto Draft

Namun sebelum ditiupnya sangkakala dalam hadist yang diriwayatkan Muslim dari Hudzaifah telah disebutkan tanda-tanda datangnya hari kiamat, sebagaimana yang tertulis pada hadist bahwa Rasulullah menyebut, kiamat tidak akan terjadi sebelum ada sepuluh tanda sebelumnya. Nah kesepuluh tanda yang disebutkan Rasulullah SAW sebagaimana tertulis dalam hadist tersebut diantaranya:

  1. Munculnya kabut yang terjadi selama 40 hari berturu-turut, pada tanda ini dunia akan menjadi gelap yang disebabkan oleh kabut.
  2. Munculnya dajjal ke dunia, dan mengacaukan manusia. Dajjal dalam berbagai sumber disebutkan bahwa fisiknya menyerupai manusia, berperawakan besar dan memiliki tiga bola mata. Tugas dajjal di dunia adalah untuk mengacaukan manusia dengan menyebar fitnah.
  3. Kemunculan dabbah, atau binatang yang bentuknya menyerupai kadal kecil dan panjang seperti ular. Dabbah ini merupakan hewan yang muncul apabila kiamat sudah akan terjadi. 
  4. Terbitnya matahari dari barat, dalam hadist diatas Rasulullah SAW juga menyebut bahwa tanda kiamat salah satunya matahari terbit dari barat.
  5. Ya’juj dan Ma’juj turun ke dunia, ya'juj dan ma'juj merupakan keturunan Nabi Adam AS yang dikurung oleh Allah SWT, dan akan dilepaskan ketika akhir zaman. Ya'juj Ma'juj meskipun manusia, namun dikisahkan mereka memiliki ciri yang menonjol dan berbeda pada manusia pada umumnya.
  6. Nabi Isa diturunkan ke bumi sebagai penolong manusia di akhir zaman dari Dajjal
  7. Munculnya gerhana di Timur,
  8. Muncul gerhana di Barat 
  9. Muncul gerhana di Jazirah Arab
  10. Serta munculnya api dari Yaman, yang menggiring manusia menuju Padang Mahsyar

Tanda-tanda yang disebutkan di atas merupakan prediksi Rasulullah SAW tentang tanda datangnya hari kiamat. Terdapat beberapa pendapat ulama yang menyebut bahwa urutan-urutan tanda kiamat tersebut masihlah belum pasti, begitupun dengan waktu terjadinya.

Baca juga : belajar mengaji online melalui aplikasi 

Ketidaktahuan akan datangnya hari kiamat ini dapat dipetik hikmahnya agar menjadikan orang muslim selalu taat dalam menjalankan agamanya, sebab ia tidak tahu kapan kiamat itu terjadi, bisa saja besok atau hari ini.Namun, tanda kiamat yang pasti disebutkan Allah dalam Alquran adalah ketika sangkakala ditiupkan dan kehidupan manusia berakhir.