Tips Memilih Kain Sofa yang Nyaman Dipakain Serta Awet

Auto Draft

Sofa pada dasarnya termasuk dalam furniture penting yang harus ada di dalam rumah. Fungsinya sendiri adalah sebagai tempat duduk. Umumnya furniture yang satu ini ditempatkan di ruang tamu maupun ruang keluarga. Dalam perkembangannya sendiri model-model sofa yang hadir di pasaran juga senantiasa berubah dari waktu ke waktu. Hal ini tak terlepas dari trend, apalagi pada dasarnya memang trend atau selera konsumen juga senantiasa mengalami perubahan.

Salah satu aspek penting harus diperhatikan dalam memilih sebuah sofa adalah jenis kain yang digunakan dalam pembuatannya. Faktanya sendiri bagaimana look dari sofa tersebut sampai dengan kenyamanan sampai keawetannya memang sangat berhubungan dengan kain untuk pelapis permukaannya tersebut. Untuk itu maka tidak boleh sembarangan di dalam memilih. Berikut ini diantara tips pemilihannya yang harus Anda perhatikan.

Auto Draft 

1.    Lihat ketebalan kain tersebut, jika ingin kain yang tahan lama, maka pilihlah yang tebal, sehingga nantinya permukaannya juga tidak mudah terkikis dan jebol. Umumnya memang ada beberapa jenis kain yang punya ketebalan tinggi serta ada juga yang tipis, semakin tebal kainnya maka untuk harganya sendiri juga akan lebih mahal.

2.    Pilihlah kain yang mudah dibersihkan, satu hal yang patut untuk Anda ketahui bahwa memang pada dasarnya tidak semua kain untuk sofa ini mudah dibersihkan, bahkan ada beberapa diantaranya yang punya kecenderungan menyerap debu, debu masuk ke dalam pori-pori kain tersebut sehingga membuatnya tidak mudah dicuci atau dihilangkan. Memilih yang mudah dibersihkan penting, karena berhubungan dengan kemudahan Anda di dalam perawatannya.

3.    Pilih kain yang lembut dan terasa dingin ketika terkena kulit, selanjutnya aspek lain yang harus diperhatikan untuk menunjang kenyamanan Anda adalah, hendaknya cari kain yang permukaannya lembut, sehingga ketika digunakan untuk duduk maupun tiduran nantinya Anda juga akan betah berlama-lama disana, akan lebih bagus juga jika seandainya kain tersebut terasa dingin ketika bersentuhan dengan kulit.

4.    Pilih material kain yang tidak menyebabkan alergi, jika anggota keluarga Anda di rumah ada yang memiliki alergi pada satu bahan tertentu biasanya pada produk kain atau tekstil, maka usahakan tidak memilih jenis kain sofa tersebut, yaitu kain yang dapat memicu reaksi alergi, sehingga nantinya akan lebih aman untuk Anda.

 

Ada lebih dari 10 jenis kain untuk sofa yang dijual di pasaran, begitu juga dengan kategori harganya yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain, pastikan tidak asal memilih agar nantinya tidak menyesal. Jangan mudah tergiur juga dengan tawaran harga murah, karena harga sangat berhubungan dengan kualitas produknya tersebut. Pertimbangkan juga membeli produk dari merk-merk terkenal untuk kualitasnya yang lebih baik.