Yuk Ketahui Lebih Lengkap Tentang Perbedaan Router dan Repeater

Auto Draft

Pada saat ini penggunaan router dan juga repeater dalam sebuah jaringan atau koneksi internet semakin hari semakin banyak dan sudah melekat di dalam kehidupan sehari-hari banyak orang.

Hal ini tentu saja berawal dari jaringan nirkabel WiFi yang berhasil ditemukan pada tahun 1998. Pada saat ini WECA yang merupakan sebuah lembaga sertifikasi jaringan yang berasal dari Amerika Serikat memperkenalkan sistem WiFi dengan merek IEEE 802.11b Direct Sequence.

Jenis jaringan yang satu ini biasanya disebut atau lebih dikenal sebagai Wireless LAN (Local Area Network), sekarang penggunaan jaringan ini sudah sangat masif.

Dalam jaringan internet atau WiFi peranan dari router dan juga repeater ini sangatlah penting, namun masih banyak orang yang beranggapan bahwa kedua perangkat ini pada dasarnya sama.

Namun, perlu kamu tahu bahwa kedua perangkat keras ini mempunyai beberapa perbedaan dalam beberapa aspek. Oke, jika kamu belum mengetahui beberapa perbedaan tersebut jangan khawatir karena di dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap tentang beberapa perbedaan antara router dengan repeater secara lengkap.

Auto Draft

1. Fungsi

Perbedaan yang pertama kita lihat dari segi aspek fungsinya. Dalam hal ini router mempunyai tugas utama untuk melakukan routing atau mengirimkan paket data dari modem ke perangkat lainnya.

Artinya, perangkat router ini bisa menjadi jembatan secara langsung untuk menyambungkan perangkat elektronik seperti laptop, smartphone, dan juga berbagai macam perangkat lain ke dalam sambungan internet.

Sedangkan perangkat repeater ini mempunyai fungsi sebagai pengulang. Artinya perangkat ini merupakan sebuah alat bantu yang dapat digunakan untuk menangkap sinyal yang berasal dari router untuk kembali dipancarkan dengan menggunakan sebuah intensitas yang lebih kuat.

Oleh karena itu, perangkat repeater ini tidak akan berguna jika perangkat router tidak ada. Sedangkan perangkat router bisa beroperasi meskipun tidak ada repeater sekali pun.

Perlu kamu ketahui bahwa repeater efektif digunakan apabila jarak antara router dengan perangkat yang kamu miliki terlalu jauh.

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang alamat IP router, merek router, seri router, informasi dan juga spesifikasi lengkap tentang router, kamu bisa mengunjungi situs routerku.com. Situs Routerku memang merupakan salah satu situs yang khusus membahas tentang router terlengkap dan paling update.

2. Bentuk

Pada saat ini sudah ada banyak perusahaan yang melakukan perancangan router dengan menggunakan berbagai macam bentuk dan juga dimensi, ada yang berbentuk kotak, ada yang berbentuk persegi panjang, elips, dan masih banyak bentuk lainnya.

Meskipun demikian, perangkat router ini pada dasarnya mempunyai ciri khas bentuk yang sama, yaitu adanya colokkan WAN, LAN, dan juga power input untuk adaptor.

Terkadang perangkat router ini juga dilengkapi dengan port USB yang dapat digunakan sebagai sarana untuk menyambungkan perangkat yang lebih modern.

Sama seperti router, perangkat repeater ini juga mempunyai bentu yang banyak sekali tergantung daripada perusahaan yang penciptakannya.

Jika zaman dahulu perangkat repeater ini banyak menggunakan antena sebagai penguat sinyal, pada saat ini sudah ada banyak sekali repeater yang tidak menggunakan antena.