Ciri-ciri Anggur Taldun, Anggur Import Asal Ukraina

Auto Draft

Memang sudah terbukti jika di Indonesia sudah banyak jenis anggur import yang telah terbukti dapat tumbuh dan menghasilkan buah dengan baik. Banyak varietas anggur yang memiliki warna cantik, rasa buah yang manis, dan bentuknya unik, dapat tumbuh di indonesia. Asalkan ditanam dalam tempat yang tepat, seperti daerah dataran rendah yang memiliki suhu hangat dan juga kering. Salah satu jenis anggur yang dibudidayakan di Indonesia dan merupakan jenis anggur impor adalah anggur taldun.

Auto Draft

Beberapa tahun kebelakang sekitar tahun 2020 lalu anggur taldun adalah salah satu jenis anggur yang paling populer. Bahkan jenis anggur yang satu ini mendapatkan julukan yang cukup unik oleh para pembudidaya, nama sebutan anggur taldun adalah anggur sultan. Kenapa dinamakan anggur sultan? Karena bentuk dan penampakan dari buah anggur sangat cantik. Pohonnya menghasilkan dompolan buah yang besar dengan warna buah merah merona dan pekat. Tampilan yang cantik ini membuat banyak orang tergoda dengan anggur taldun, dan penasaran untuk mencoba selezat apa sebenarnya buah anggur yang satu ini.

Anggur taldun merupakan jenis anggur hasil persilangan antara anggur Dubaf & anggur Talisman. Buah anggur taldun pun menjadi viral setelah diketahui dapat berbuah dengan cepat, hanya dalam jangka waktu 6 bulan setelah masa penanaman. Setelah diunggah ke dalam media sosial, kecantikan buah anggur taldun menjadi perbincangan dan kemudian viral. Sebenarnya seperti apa sih anggur yang satu ini? Berikut adalah ciri-ciri anggur taldun yang akan kita bahas.

Ciri-Ciri Anggur Taldun

Di atas kita sudah bahas jika anggur taldun memiliki penampakan dan bentuk buah yang sangat cantik. Bentuk buahnya lonjong, bulat, serta memiliki ukuran buah yang cukup besar. Berry anggur taldun rata-rata memiliki bobot sekitar 18 gram tiap butirnya. dengan daging buah yang tebal, dengan tekstur buah yang renyah.

Selain bentuk buah nya yang cantik rasa buah anggur taldun juga sangat lezat dan istimewa. Rasa anggur taldun sangat manis dan juga juicy karena memiliki kandungan air yang cukup banyak. Hal tersebut menyebabkan harga anggur ini jadi cukup mahal, sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis anggur lainnya.

Baca Juga : Pusat Bibit Anggur Unggulan Semarang

Untuk bentuk pohonnya, anggur taldun memiliki pohon yang tidak jauh berbeda dengan kebanyakan jenis anggur lain. Carangnya berkayu dan juga merambat sehingga saat anda menanam bibit anggur taldun anda membutuhkan tempat perambatan yang baik seperti ajir atau para-para untuk membuat anggur taldun tetap tumbuh.

Anggur taldun dapat dibedakan dengan melihat bentuk daunnya, karena hampir semua jenis anggur memiliki tipe dan bentuk daun yang berbeda. Bentuk daun anggur taldun mirip seperti daun maple, bagian ujungnya runcing serta bersela seperti jari-jari. Daunnya memiliki warna hijau pada bagian atas dan juga cukup pekat serta bagian bawahnya hijau lebih putih.

Pohon anggur taldun ini dapat bebruah dengan cepat, hanya membutuhkan waktu sekitar 6 bulan hingga pohonnya mampu menghasilkan buah. Namun perlu diketahui jika sifat genjah yang ada pada anggur taldun dapat terjadi jika anda merawatnya dengan baik dan juga konsisten.