Inilah Resep Bakpia Kacang Hijau Khas Kota Yogyakarta

Auto Draft

Siapa yang nggak tau oleh-oleh khas jogja yang satu ini. Yaitu bakpia. Bagi sobat yang pernah berwisata ke Yogyakarta pasti sering sekali menemui toko oleh-oleh khas Yogyakarta yaitu bakpia. Tahukah sobat resep di balik makanan yang enak itu. Kali ini  saya akan membagikan resep bakpia kacang hijau. Simak baik-baik ya.

Oh iya, sebelum saya menjelaskan tentang resep dan cara pembuatannya. Saya akan memberikan sedikit informasi mengenai bakpia terlebih dahulu.

Bakpia 

Auto Draft

Bakpia merupakan oleh-oleh yang wajib anda beli ketika sobat berkunjung ke Yogyakarta. Tak afdhol rasanya jika sobat berkunjung ke jogja tapi tidak membeli bakpia. Salah satu bakpia yang sangat populer di Yogyakarta adalah bakpia pathuk

Bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran tepung terigu yang diberi isian berupa kacang hijau yang dicampur gula. Ada yang mengatakan bahwa sebenarnya bakpia bukanlah makanan asli khas jogja namun merupakan makanan akulturasi makanan Jawa dan Cina. 

Bakpia sendiri berasal dari kata "bak" yang dalam bahasa Hokkian artinya daging dan "pia" yang berarti daging. 

Seiring dengan perkembangan jaman dan waktu, bakpia tidak hanya berisi kacang hijau juga. Namun ada variasi isian lainya seperti ketan hitam, keju, ubi, pandan, coklat hingga keju. Sesuai dengan permintaan konsumen. 

Nah itulah sedikit cerita mengenai asal usul bakpia dan kata bakpia. Yuk langsung saja lanjut ke resep dan cara membuatnya.

Resep Bakpia Kacang Hijau 

Bahan Isi

  • 500 gram kacang hijau kupas 
  • 50 gram margarin 
  • 250 gram gula pasir 
  • 100 ml minyak bimoli
  • 1/4 sendok teh garam 

Bahan untuk Kulit

  • 500 gram tepung terigu protein sedang ( segitiga biru ) 
  • 50 gram tepung terigu protein tinggi ( cakra kembar )
  • 100 ml minyak bimoli
  • 1 sendok makan gula pasir 
  • 200 ml air hangat 

Cara Membuat

  1. Langkah pertama panaskan air dalam wajan, jangan sampai mendidih. Lalu masukkan kacang hijaunya. Masak kacang hijau kupas selama 20 menit. jangan lupa untuk sesekali diaduk
  2. Jika sudah, buang airnya lalu ganti wadah dan direndam menggunakan air dingin selama 15 menit. Jika sudah cuci hingga bersih lalu tiriskan selama 10 menit 
  3. Siapkan panci kukusan, kukus kacang hijau dengan api sedang selama 30 menit. 
  4. Siapkan gelas, masukkan 1 sendok makan gula pasir, 100 ml minyak bimoli, 200 ml air hangat. Aduk-aduk hingga semuanya tercampur rata. 
  5. Selanjutnya siapkan wadah / panci. Masukkan tepung terigu protein sedang, tepung terigu protein tinggi, lalu tambahkan sedikit demi sedikit air gula yang sudah dicampur dengan minyak tadi. Uleni dengan tangan hingga kalis ( tidak menempel di tangan ). Masukkan adonan ke dalam plastik agar tetap terjaga kelembabannya. 
  6. Tiriskan sebentar kacang hijau yang telah di kukus. Siapkan wadah / panci masukan kacang hijau lalu haluskan selagi masih hangat. 
  7. Siapkan wajan. Masukkan 100 ml minyak bimoli, margarin, panaskan menggunakan api sedang. Aduk-aduk hingga tercampur rata. Jika sudah masukkan garam dan juga kacang hijau yang sudah dihaluskan tadi. Aduk kembali hingga tercampur rata. Jika sudah lalu masukkan gula pasir, aduk kembali hingga tercampur rata. Masak hingga kesat ( kadar airnya tidak ada ) 
  8. Cetak bulat-bulat adonan kacang hijau ( untuk isian ). 
  9. Ambil adonan kulit. Lalu dibuat memanjang kemudian potong-potong adonan kurang lebih 1 cm. 
  10. Ambil 1 potong, lalu tipiskan setipis mungkin. Ambil kacang ijo isian lalu taruh di tengahnya kemudian lipat, bulat-bulatkan dan dirapikan. 
  11. Siapkan panggangan khusus bakpia, lalu panggang, jika dirasa sudah matang angkat lalu taruh dalam wadah
  12. Bakpia kacang hijau siap disajikan 

Apabila sobat ingin mengeringkan makanan gunakan oven pengering makanan. Dengan oven pengering kadar air dalam makanan akan menjadi berkurang dan makanan menjadi tahan lama. 

Nah jika bakpia anda sudah dingin anda juga bisa memanaskannya menggunakan alat pemanas makanan. Jika bingung membelinya dimana silahkan kunjungi rumah mesin.

Rumah mesin menyediakan mesin – mesin produksi yang siap menemani anda dalam menjalankan usaha anda. Salah satunya adalah mesin oven pengering makanan. Dengan mesin tersebut anda dapat mengeringan berbagai jenis bahan makanan dengan mudah, cepat, serta efisien. 

Sekian pembahasan resep bakpia kacang hijau. Jangan lupa untuk segera mempraktekkanya di rumah ya sob. Selamat mencobanya dan semoga berhasil.