3 Jneis Kurma Tropis Unggulan di Indonesia

Auto Draft

Ramadhan merupakan bulan yang banyak disambut oleh warga muslim di seluruh penjuru dunia tak terkecuali di Indonesia. Kemeriahan Ramadhan di Indonesia bisa dilihat dari berbagai aspek mulai dari ramainya masjid-masjid, jalan-jalan, hingga pasar karena bermunculan banyak penjaja makanan yang selalu stand by setiap sore.

Para penjaja makanan ini atau penjaja takjil ini menghidangkan berbagai makanan seperti gorengan, es buah, dan juga kurma, serta berbagai macam jenis makanan lainnya. Kurma juga menjadi sangat viral saat bulan Ramadhan karena banyak orang yang menjualnya di saat bulan Ramadhan ini. Kebanyakan buah kurma yang dijual di Indonesia merupakan kurma yang sudah jadi dan di import dari luar negeri.

Auto Draft

Padahal tahukah anda jika pohon kura sebenarnya sudah ada di Indonesia sejak lama, pohon kurma juga sudah banyak dibudidayakan oleh para pekebun yang ada di Indonesia. Jadi bagi anda yang ingin membudidayakan kurma sudah tidak perlu takut lagi jik akan gagal karena beberapa jenis kurma dapat tumbuh di Indonesia. Lalu apa sajakah jenis kurma yang terbukti dapat tumbuh dan berbuah di Indonesia ini?

 

Mengenal Kurma Tropis

Pertama kali diketahui jika pohon kurma dapat tumbuh di wilayah tropis adalah karena adanya berita dari Thailand. Pekebun dari Thailand telah mengembangkan bibit kurma unggul yang terbukti dapat tumbuh dan berbuah dengan baik di Indonesia. Namun setelah itu bermunculan jenis-jenis kurma tropis baru yang telah diketahui dapat tumbuh dan berbuah dengan baik mengikuti pendahulunya.

Namun ternyata diketahui juga jika ada bibit kurma unggulan yang sejak lama jenisnya sudah ada namun baru diketahui jika pohon kurma tersebut bisa berbuah di Indonesia. Dan berikut adalah rangkuman dari 3 jenis kurma tropis yang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Baca Juga : Bibit Kurma Barhee Unggul

1.    Kurma KL1

Merupakan jenis kurma pertama kali yang diketahui dapat tumbuh di Indonesia, kurma ini dapat tumbuh dan berbuah dengan baik saat ditanam di wilayah tropis. Kemunculan kurma KL1 menjadi jembatan bagi jenis kurma yang lain untuk dapat tumbuh dan dikembangkan.

Saat ini bibit kurma KL 1 hanya bisa didapatkan menggunakan biji, hanya saja sulit untuk mengetahui bibit kurma betina hingga pohonnya berbunga. Maak sulit untuk mengetahui jika biji kurma KL1 itu adalah betian.

2.    Kurma H1

Kurma H1 merupakan pengembangan dari kurma kl1, pohon kurma ini merupakan jenis pohon yang unik karena buah kurmanya memiliki warna yang merah. Permasalahan mengenai biji kurma yang sulit diidentifikasi karena memiliki jenis kelamin pada kurma yang satu ini menjadi masalah yang lebih ringan.

Karena biji kurma h1 mampu menghasilkan bibit kurma betina yang jauh lebih banyak daripada kurma KL1. Persentase biji kurma h1 menjadi betina adalah sekitar 80%, dengan persentase sebanyak itu tentu kita sedikit lebih tenang, setidaknya saat menanam 100 biji akan terdapat 80 pohon kurma yang berjenis kelamin betina.

3.   Kurma Barhee Kultur Jaringan

Satu lagi adalah kurma barhee kultur jaringan yang merupakan jenis kurma paling banyak dibudidayakan di Indonesia. Bibit kurma kultur jaringan dapat tumbuh dengan cepat karena kita juga bisa mengidentifikasi jenis kelaminnya secara langsung. Jadi bagi anda yang ingin membudidayakan tanaman kurma, pilihlah yang diperbanyak secara kultur jaringan.