Mengenal Bibit Alpukat Cuba dari Vietnam

Auto Draft

Banyak orang yang mulai tertarik dengan tanaman buah seperti alpukat akhir-akhir ini, bahkan mungkin anda merupakan salah satu dari sekian banyak orang tersebut. Para pembudidaya alpukat ini kemudian mengeluarkan banyak jenis alpukat baru dan juga beberapa jenis alpukat introduksi yang di datangkan ke Indonesia. Salah satunya adalah jenis alpukat unggulan yang berasal dari Vietnam yakni alpukat Cuba.

Banyak sebenarnya jenis alpukat unggul dari vietnam selain alpukat cuba, seperti alpukat hong ngoc, reed dan yang lainnya. Namun memang dalam beberapa kasus alpukat cuba lebih dulu diminati dibandingkan dengan jenis alpukat Vietnam lainnya.

Bagi anda yang ingin membudidayakan alpukat yang satu ini, anda bisa membeli bibit alpukat cuba di website tanamantropis.com. Terdapat jenis alpukat Vietnam unggul dan tentu saja alpukat cuba yang berkualitas di website tersebut. Namun sebelum anda memutuskan untuk membeli bibitnya kami akan mengenalkan terlebih dahulu kepada anda seperti apa sebenarnya alpukat cuba ini.

Auto Draft

Mengenal Alpukat Cuba

Nama lain alpukat cuba dalam Bahasa Vietnam adalah giống bơ Cuba, salah satu jenis alpukat unggulan yang banyak juga dibudidayakan di sana. Ukuran buah alpukat cuba cukup besar dibandingkan dengan jenis alpukat yang lain. Satu buah alpukat cuba mampu mencapai bobot rata-rata sekitar 500 gram hingga 1 kg. Dengan bobot seberat itu tentu saja alpukat cuba ini menjadi salah satu jenis alpukat berukuran jumbo.

Bagi orang Indonesia, yang selain memikirkan rasa juga memikirkan besarnya ukuran tentunya sangat cocok untuk menanam alpukat yang satu ini. Warna kulit alpukat cuba yang masih muda, atau sudah tua di pohon cenderung hijau. Sedangkan setelah diperam dan dimatangkan warna kulit buahnya ini akan berubah menjadi merah kecokelatan.

Kulit alpukat cuba juga terkenal karena dinilai sangat tahan terhadap serangan hama, jadi kulit alpukat cuba ini walaupun diserang hama memiliki pertahanan yang cukup kuat. Namun anda tentu harus tetap melakukan pengendalian hama dengan baik. Jangan hanya karena kulitnya tahan hama lalu anda membiarkan ketika pohonnya terserang. Karena jika dibiarkan tetap akan menjadi masalah yang besar bagi si pohon tersebut.

Saat sudah matang kulit buah alpukat cuba ini mudah sekali untuk dikupas dan ini yang menjadi salah satu indicator buah dilabeli buah unggul. Daging buah alpukat cuba juga memiliki warna kuning mentega yang sangat menggoda bagi siapapun yang melihatnya. Biji buah alpukat ini juga tergolong sedang bahkan mendekati kecil, maka dari itu menikmati alpukat cuba juga sangat mengenyangkan.

Untuk melihat seberapa kecil biji alpukat cuba ini, mungkin bisa dilihat dari persentase perbandingan daging buahnya yang mencapai 80% dari keseluruhan. Jadi besarnya biji alpukat cuba hanya sekitar 20% tentunya berbeda jauh jika dibandingkan dengan ketebalan daging buahnya.

Di Vietnam alpukat Cuba menjadi incaran berbagai petani dan juga penikmat buah alpukat. Maka dari itu kami merekomendasikan alpukat ini bagi anda yang mencari jenis tanaman buah yang unggul dan juga memiliki berbagai macam keunggulan baik dari segi pohonnya maupun dari buahnya.