3 Langkah Mudah Berbudidaya Alpukat Hass

Auto Draft

Pola hidup sehat yang saat ini sedang menjadi tren dan menjangkit masyarakat indonesia mulai berimbas pada konsumsi makanan sehari-hari. Yang awalnya mengkonsumsi nasi untuk kebutuhan karbohidrat dan energi saat ini mulai berpindah ke alpukat. 

Secara nutrisi, alpukat memang memiliki banyak kandungan lemak tak jenuh yang bisa membantu memenuhi kebutuhan energi harian. Lemak tak jenuh juga biasanya dijadikan sebagai sumber tenaga yang membantu diet karena sifatnya yang mudah terbakar dan mampu memberikan efek kenyang lebih lama.

Auto Draft

Salah satu jenis alpukat yang banyak disantap adalah alpukat hass yang katanya merupakan jenis alpukat terenak yang ada di dunia. Dulu buah alpukat jenis hass sangat sulit untuk didapatkan dan harganya juga sangat mahal.

Namun saat ini buah alpukat hass sudah dapat ditemukan dengan mudah karena perkebunan hass sudah ada. namun harga buah alpukat hass belum juga hilang, alpukat yang satu ini tetap memiliki harga buah yang cukup mahal.

Kira-kira untuk 1 kg alpukat hass kebanyakan dibandrol dengan harga Rp. 125.000. jelas jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis alpukat lokal yang harga perkilonya hanya pada kisaran 30-50 ribu saja.

Alpukat hass sekarang sudah tersedia di supermarket atau restoran terdekat bagi anda yang penasaran dengan buah yang satu ini. Buah alpukat ini sangat cocok sebagai campuran berbagai makanan seperti sushi, salad, dan sandwich. Permintaan buah ini di Indonesia juga semakin meningkat dan banyak yang menyukainya sehingga pasar untuk alpukat hass semakin besar dan luas.

Bahkan dalam satu tahun terakhir, banyak petani alpukat kewalahan dengan membludaknya permintaan alpukat ini. Jadi bagi yang berminat menanam alpukat Hass, masih ada banyak peluang untuk menanam alpukat unggul dari Australia ini. Lantas bagaimana cara membudidayakan buah alpukat agar kita bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari buah alpukat yang satu ini?

 

Hass Alpukat Unggulan

Untuk menumbuhkan guacamole, Anda perlu melakukan beberapa hal. Yang pertama adalah memilih bibit yang baik, kemudian memiliki lahan tanam yang cukup, dan merawatnya dengan baik. Mari kita ulas 3 komponen budidaya alpukat satu per satu.

Lihat Juga : Alpukat Hass Panen Raya

1. Bibit Alpukat Hass Unggulan

Bibit unggul dapat diperoleh dengan cara pembiakan vegetatif, tentunya anda sudah mengetahui apa itu pembiakan vegetatif? Metode tersebut adalah adalah metode reproduksi aseksual menggunakan bagian dari pohon induk untuk menghasilkan pohon baru yang unggul.

Keuntungan dari biji yang dibiakkan secara vegetatif adalah memungkinkan pohon tumbuh dan berbuah lebih cepat daripada biji. Pohon juga seringkali sangat mirip dengan pohon induknya, sehingga peluang suatu varietas menjadi tidak menghasilkan sangat rendah, bahkan mendekati nol.

Tentunya untuk memiliki sebuah perkebunan, kita harus memiliki lahan yang cukup agar kita bisa menanam lebih banyak benih, bukan hanya lahan yang sedikit. Khusus untuk pohon alpukat, jarak tanam umumnya antara 7 meter hingga 10 meter, dan perlu disiapkan lahan yang sesuai.

2. Pengelolaan Lahan Tanam

Penanaman tempat penanaman juga penting, karena jika tidak ditangani dengan baik, walaupun sudah memiliki bibit yang bagus, kemungkinan gagal tetap ada. Tanah yang Anda miliki harus memiliki pH yang tepat sekitar 5,5-6,5. Dan memiliki distribusi air yang baik dan yang terpenting memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

3. Perawatan Yang Baik

Perawatan yang baik berarti perawatan yang tepat harus diberikan setelah menanam benih alpukat Hass. Berikan penyiraman yang cukup, gembur tanah agar nutrisi terserap sepenuhnya ke dalam tanah, lalu beri pupuk secara teratur agar pohon cepat tumbuh dan berbuah.

 

Ini adalah 3 komponen penting yang Anda butuhkan untuk menumbuhkan pohon alpukat Hass dan mudah-mudahan mereka akan membantu Anda menanam alpukat Hass di masa depan.