Kiat Mencegah Gigi Tak Rapi Sejak Dini pada Anak

Gigi yang tidak rapi menjadi salah satu kekhawatiran orang tua pada anaknya. Karena itu banyak orang tua yang mencegah gigi tak rapi sejak dini pada anak mereka. Gigi yang tidak rapi akan mengganggu penampilan dari sang anak.

Tidak hanya soal penampilannya saja, susunan gigi yang tidak rapi ini mungkin saja akan mempengaruhi kesehatan dari anak tersebut. Misalnya saja, karena gigi tidak rapi akhirnya anak akan mengalami kesulitan dalam mengunyah makanan. Mungkin juga karena susunan giginya yang tidak sempurna. Makanan pada mulut anak tidak bisa hancur secara sempurna. Hal ini dapat memicu banyaknya kelainan dan gangguan pencernaan pada organ pencernaan selanjutnya.

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan gigi yang tidak rapi pada anak. Namun, hal ini bukanlah hal yang tidak bisa dicegah sejak dini.

Cara Mencegah Gigi Tak Rapi Sejak Dini

gigi tidak rata pasang behel solusinya

Mencegah gigi tak rapi sejak dini pada anak memang bisa dilakukan dengan perawatan oleh Dokter Gigi. Namun sebenarnya ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan oleh orang tua sebelum melakukan perawatan secara medis.

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah gigi yang tidak rapi pada anak sejak dini. Kebiasaan ini bisa mulai diterapkan pada anak sejak ia kecil.

1. Rawatlah Gigi Sulung Anak

Gigi sulung merupakan gigi pertama anak yang tumbuh untuk kemudian tanggal digantikan dengan gigi yang baru. Walaupun bukan gigi yang permanen, gigi sulung ini ternyata fungsi sebagai penunjuk arah bagi gigi permanen yang akan tumbuh.

Gigi permanen akan tumbuh dengan posisi yang sama dengan gigi sulung. Karena itu, lebih baik untuk merawat dan memposisikan gigi sulung dengan baik. Hal ini agar arah tumbuh dari gigi permanen menjadi lebih baik.

2. Hentikan Kebiasaan Bernafas Melalui Mulut

Pada dasarnya kebiasaan bernafas melalui mulut kurang baik bagi organ pernafasan yang lain. Karena memang bernafas seharusnya dilakukan melalui hidung saja. Banyak anak yang memulai kebiasaan bernafas melalui mulut.

Terutama, ketika si anak terserang pilek yang gejalanya adalah hidung tersumbat. Agar tidak menjadi kebiasaan, orang tua harus mencari cara untuk menghentikan kebiasaan bernafas melalui mulut pada anak.

3. Hindari Kebiasaan Menggigit Bibir

Sering menggigit bibir juga merupakan kebiasaan yang membuat posisi gigi tidak rapi. Selain itu, terdapat banyak efek buruk pada kebiasaan satu ini seperti membuat bibir terluka atau membuat posisi gigi depan menjadi semakin maju.

Karena itu, sebisa mungkin untuk menghindari kebiasaan menggigit gigi pada anak agar gigi anak tumbuh lebih rapi.

4. Mulai Hentikan Mengisap Dot

Kebiasaan menghisap dot bisa menjadi penyebab gigi tumbuh pada anak dengan keadaan kurang rapi. Karena itu pada usia tertentu, para orang tua harus segera mulai menghentikan kebiasaan dot pada anak. Jika ingin gigi anaknya tumbuh dengan rapi.

Kebiasaan menghisap dot bisa merubah bentuk dan posisi gigi. Tidak hanya itu, struktur rahang juga bisa berubah karena hal ini. Perubahan ini berdasarkan frekuensi penggunaan dot itu sendiri. Karena itu, pada usia tertentu mulai biasakan anak untuk menggunakan gelas.

5. Rutin Melakukan Pemeriksaan ke Dokter Gigi

Periksa ke dokter gigi merupakan hal yang harus dilakukan secara rutin apalagi oleh anak-anak. Pemeriksaan ini juga akan memudahkan deteksi kelainan gigi yang tidak rapi sejak dini oleh dokter yang mengurusnya. Dengan begitu, penanganan yang tepat bisa dilakukan dengan cepat.

Itulah beberapa kiat dan cara untuk mencegah gigi tak rapi sejak dini pada anak. Tips-tips di atas jelas sangat sederhana dan mudah untuk diikuti. Tapi jika gigi anak anda terlanjur tidak rapi, saran saya segera saja melakukan pemasangan behel / kawat gigi pada spesialis orthodonti, mumpung giginya masih dalam tahap pertumbuhan.

Pasang kawat gigi juga tidak boleh sembarangan, harus dilakukan oleh dokter spesialis ortodonti yang memang mengerti tentang susunan gigi dan khusus belajar bagaimana merapikan gigi. Buat anda yang masih belum mempunyai klinik gigi langganan, saya sarankan Drg. Bintari Eska Sp.Ort. Dia merupakan spesialis ortodonti di JB Dental Bekasi dan juga Tooth Signature Kelapa Gading. Kunjungi saja websitenya untuk reservasi