Cara Mudah Mengatasi Laser Scanner Barcode Error

Saat kamu mengalami masalah seperti scanner barcode trobel, maka kamu tak perlu bingung. Sebab di bawah ini terdapat tips mengatasi laser scanner barcode error. Penasaran, simak selengkapnya di bawah ini.

Seperti diketahui, scanner barcode merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membaca kode-kode dengan berbentuk garis-garis yang disebut dengan barcode. Kamu pasti tak asing dengan barang yang satu ini. Sebab barang ini bisa kamu jumpai saat berbelanja di supermarket. Dimana selanjutnya barang belanjaan akan ditempel ke sebuah alat yang mengeluarkan sinar merah. Komputer yang terhubung dengan alat ini akan menangkap nama produk dan juga harga barang yang dibeli. Alat inilah yang disebut dengan scanner barcode. Namun terrnyata, alat ini juga sama seperti alat lainnya yang juga bisa mengalami error. Saat alat ini error, maka pengguna tidak bisa melakukan scan. Artinya, alat tersebut rusak.

Nah di bawah ini terdapat sejumlah cara untuk mengatasi alat scan barcode error. Dengan demikian, kamu bisa menggunakannya kembali.

Cara Memperbaiki Scanner Barcode Harga Barang Tidak Bisa Scan

Cara memperbaikinya tentu bergantung pada errornya. Tentunya cara mengatasi laser scanner barcode error berbeda dengan mengatasi alat scanner yang tak terdeteksi.

Berikut adalah 3 cara memperbaikai scanner barcode yang mengalami masalah.

1. Memperbaiki Software Scanner Barcode

Pertama adalah dengan kamu mengecek software scanner. Pada cara ini, kamu bisa melakukan 2 hal yakni mengganti software scanner atau mengembalikan setting (reset pabrik). Kemudian dalam mengembalikan setting ke pengaturan pabrik, tidak bisa kamu lakukan secara sembarangan. Berikut adalah caranya :

  • Pertama, kamu nyalakan alat scan barcode tersebut,
  • Kemudian kamu buka komputer dan klik start menu lalu RUN kemudian ketik clearhive dan OK,
  • Setelah kamu tekan OK, maka akan muncul notifikasi reset ke default, silahkan tekan OK untuk mereset software scanner barcode.
  • Sehingga scanner barcode akan melakukan restart secara otomatis,
  • Kamu tinggal tunggu beberapa saat agar proses selesai.

2. Memperbaiki Hardware Scanner Barcode

alat scan harga barangBeda halnya dengan cara yang pertama, cara kedua ini kamu harus kerja lebih ekstra. Sebab kamu harus memperbaiki komponen hardware yaitu bagian laser nya. Caranya cukup mudah, kamu cukup lepas baterai utama saja. Kemudian kamu lepas baterai backup yang ada di dalam barcode scanner ini.

Memang cara ini mirip dengan kamu mereset settingan bios komputer. Yakni ketika kamu melepas baterai CMOS-nya. Nah di sini juga sama, kamu harus membongkar dan melepas baterai di dalam scanner.

Setelah itu, kamu ganti komponen pada bagian laser. Posisinya adalah pada bagian sisi atas scanner yang biasanya bisa mengeluarkan cahaya saat kamu melakukan scan. Kamu perlu ingat bahwa penggantian laser ini harus kamu lakukan saat laser tak mengeluarkan cahaya ketika digunakan.

Ketika sudah diganti dan tidak bisa scan, maka kamu cek di mainboard. Apabila suku cadang yang kamu miliki masih bagus, maka kamu coba untuk menukarnya. Hal ini untuk memastikan jika mainboardnya tidak mengalami kerusakan. Lalu kamu harus ingat saat melepas socket kabel baterai backup, pastikan kamu lakukan secara hati-hati. Sebab kabel tersebut cukup rapauh dan mudah putus.

3. Periksa kabel data

Setelah kamu cek software dan hardwarenya, mungkin ada satu yang kelewatan dalam mengatasi laser scanner barcode yang bermasalah. Kamu bisa cek pada bagian kabel datanya. Sebab sering terjadi alat scan barcode tersebut tidak menscan hanya karena kabel data tidak bisa dicolok sampai mentok.

Maka dari itu, kamu perlu menekan kabel data sampai ke port USB hingga mentok. Kemudian jika kabel sudah disambungkan hingga mentok dan masih gagal juga, maka kamu coba pakai kabel data yang lain.

Itu saja tips singkat memperbaiki alat scanner barcode yang tidak bisa scan. Tentunya jika alat ini tidak diperbaiki, akan menyulitkan saat hendak scan dan cek harga barang.