Cara Memilih Sabun Antiseptik yang Sesuai Kulit

Kini, mulai banyak yang beralih pada penggunaan sabun anti bakteri untuk meningkatkan kesehatan badan. Apa yang membedakannya dari sabun yang lain? Dan apa yang perlu diperhatikan sebelum membelinya? Simak jawabannya di bawah ini!

 

Apa Itu Sabun Anti Bakteri?

Sabun anti bakteri merupakan opsi tepat untuk melindungi tubuh dari ancaman bakteri dan virus jahat. Salah satu sabun yang banyak digunakan masyarakat adalah Medicare. 

Sabun Medicare adalah sabun antiseptik yang dikenal efektif membunuh kuman, virus dan jamur. Sabun ini mengandung bahan aktif Famesol yang sudah dipatenkan dapat mematikan sebagian besar kuman. 

Tips Memilih Sabun Anti Bakteri

Sabun antiseptik pada umumnya sudah teruji klinis efektif dalam membunuh kuman. Gunakan tips berikut untuk menemukan sabun antiseptik sesuai kulit Anda:

Tentukan Jenis Sabun

Tips yang pertama adalah pilih jenis sabun yang cocok. Sabun terbagi menjadi dua jenis, yaitu sabun batang dan sabun cair. Sabun batang dipilih karena lebih ekonomis dan ramah lingkungan. Daya serap keringat dan kotoran pada sabun batang juga sangat baik.

 

Sabun batang ini cocok untuk Anda yang kulitnya berminyak. Di sisi lain, sabun cair jauh lebih higienis dan memiliki kemampuan melembabkan yang lebih efektif.

Perhatikan Kandungan Bahan Sabun

Untuk Anda yang memiliki masalah kulit berjerawat, sebaiknya pilih sabun antiseptik yang mengandung tea tree oil atau sulfur. Kedua bahan alami tersebut berperan efektif melawan kuman penyebab penyakit kulit. 

Sabun dengan kandungan madu, thymol, lemon, dan jahe juga ampuh untuk mematikan bakteri jahat. Usahakan memilih sabun antiseptik yang mengandung bahan alami agar kesehatan kulit terjaga.

 

Cara Menyiasati Kulit Kering

Beberapa sabun antiseptik mengandung bahan yang menyebabkan kulit kering. Tapi tidak perlu khawatir, masalah kulit kering dapat diatasi dengan beberapa cara, diantaranya:

Pilih Sabun dengan Kandungan Pelembab

Kandungan madu dan aloe vera memiliki agen pelembab yang bagus. Kedua bahan tersebut dikenal mampu menutrisi kulit agar lembab dan mencegah kulit kering. 

Hindari Sabun dengan Kandungan SLS

SLS atau Sodium Lauryl Sulfate adalah zat kimia yang sering digunakan dalam pembuatan sabun maupun sampo. Zat ini mempunyai efek samping yang membuat kulit menjadi kering. Sehingga orang yang berkulit sensitif sebaiknya menghindari sabun dengan kandungan tersebut. 

 

Pastikan Anda mandi dua kali sehari dengan menggunakan sabun anti bakteri agar diri tetap terlindung dari kuman setiap saat.