Pengobatan Pada Kifosis

Jika tulang belakang mengalami kelengkungan lebih dari 50 derajat maka penderita termasuk mengalami kelainan tulang belakang yang dinamakan dengan kifosis. Kifosis biasanya dialami oleh remaja dan anak-anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Wanita terutama wanita lanjut usia jauh lebih sering terkena kifosis ketimbang laki-laki. Normalnya tulang belakang hanya melengkung antara 25 hingga 45 derajat.

Apabila seseorang mengalami kifosis maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan diagnosa yang paling tepat sebagai pentuk pencegahan kifosis menjadi semakin parah.

Pengobatan kifosis ​dilakukan untuk mencegah kelengkungan tulang belakang semakin parah dan menghindari segala macam resiko kelainan tulang belakang yang dapat muncul. Terdapat beragam cara pengobatan pada kifosis. Setiap cara yang dilakukan tergantung dari kondisi, tingkat keparahan, jenis, dan usia penderita.

Adapun cara pengobatan pada kifosis adalah sebagai berikut:

Obat-obatan

Obat-obatan diberikan apabila kifosis menimbulkan rasa nyeri pada punggung. Obat-obatan ini berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit dan bukan untuk menyembuhkan kifosis atau meluruskan tulang belakang. Obat-obatan yang diberikan antara lain Ibuprofen, Paracetamol, Aspirin, dan Bifosfonat.

Fisioterapi

Fisioterapi atau terapi fisik dilakukan pada kasus kifosis ringan. Terapis atau dokter nantinya akan memperlakukan latihan untuk memperkuat dan meningkatkan kelenturan tulang, otot, serta meredakan rasa nyeri. Dokter atau terapis juga akan mengajarkan bagaimana cara melakukan sendiri latihan-latihan yang diperlukan.

Penyangga Punggung

Penyangga punggung atau brace akan diberikan kepada anak-anak yang tulang belakangnya masih lentur dan masih dalam tahap pertumbuhan. Biasanya diberikan kepada kifosis jenis Scheuermann’s kyphosis yang mengalami kelengkungan lebih dari 65 derajat yang dapat terus memburuk seiring waktu.

Penyangga punggung akan digunakan setiap saat bahkan saat tidur. Penyangga punggung hanya dapat dilepas ketika mandi atau berolahraga. Penyangga punggung akan dilepas pada usia 14 hingga 15 tahun.

Operasi

Tindakan selanjutnya adalah tindakan operasi yang biasanya diberlakukan pada pasien yang mengalami kelengkungan tulang belakang antara 70 hingga 75 derajat yang disertai dengan rasa sakit yang teramat sangat di bagian tulang punggung. Operasi juga diberlakukan bagi pasien yang mengalami syaraf terjepit.