Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Melihat Manfaat Pengobatan Metformin?

Diabetes tipe II adalah bentuk paling umum dari diabetes, mempengaruhi sekitar 10% sampai 20% dari populasi dunia. Diabetes dapat menyebabkan komplikasi serius seperti penyakit jantung, stroke, gagal ginjal dan kebutaan. Ini juga meningkatkan risiko penyakit lain seperti kanker dan penyakit Alzheimer.

Cara terbaik untuk mengurangi risiko terkena diabetes tipe II atau komplikasinya adalah dengan menjaga berat badan yang sehat melalui diet dan olahraga. Namun, tidak semua orang dengan diabetes tipe II dapat mencapai target berat badan mereka karena keterbatasan mobilitas atau masalah kesehatan lainnya. Dalam kasus ini, terapi Metformin dapat membantu mengelola kadar gula darah dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada organ yang sudah terpengaruh oleh kadar gula darah yang tidak terkontrol.

Metformin bekerja secara berbeda dari obat diabetes lainnya. Ini mengurangi jumlah glukosa darah yang diproduksi hati, dan meningkatkan sensitivitas insulin dengan membantu sel menggunakan insulin lebih efisien untuk memasukkan gula ke dalam sel untuk produksi energi.

Metformin umumnya ditoleransi dengan baik, dengan kebanyakan orang tidak mengalami efek samping yang serius. Efek samping Metformin yang paling umum adalah gangguan gastrointestinal. Efek samping lain yang mungkin adalah kehilangan nafsu makan, gangguan pencernaan, sakit perut, kembung atau diare. Beberapa orang mungkin mengalami rasa logam di mulut mereka setelah mengkonsumsi Metformin. Dalam kasus yang jarang terjadi, Metformin dapat menyebabkan asidosis laktat yang merupakan kelebihan asam laktat dalam tubuh Anda yang dapat menyebabkan masalah serius. Dianjurkan agar Anda mengontrol elektrokardiogram (EKG) sebelum memulai Metformin untuk memastikan bahwa itu tidak akan mengganggu jantung Anda.

Metformin bukanlah obat yang dapat Anda beli tanpa resep. Anda perlu mendapatkan resep terlebih dahulu dan kemudian biasanya ditanggung oleh Medicare, jadi kebanyakan orang hanya perlu membayar pembayaran bersama. Daftar harga Metformin HCl 500 mg adalah sekitar 2.000 rupiah sampai 7.500 rupiah per lembar (10 tablet) untuk merk generik. Lain halnya pada merk paten, harga jauh lebih mahal dibanding dengan merk generik.

Metformin tidak menyebabkan gula darah rendah, jadi Anda tidak perlu memeriksa kadar gula darah Anda selama menggunakan Metformin. Jika Anda mengalami hipoglikemia (gula darah rendah), dokter Anda mungkin menurunkan dosis Metformin Anda atau mengubah Anda ke obat diabetes yang berbeda.

Jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai pengobatan Metformin. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tidak ada peningkatan risiko cacat lahir di antara wanita yang memakai Metformin dan tidak ada bukti konklusif yang menghubungkan Metformin dengan peningkatan risiko kelainan bawaan.