Mengenal Kelinci German Giant

Kelinci adalah hewan yang identik dengan ukuran telinganya yang panjang serta bertubuh kecil. Tetapi, siapa sangka bahwa di belahan dunia ini ada kelinci yang ukurannya lebih besar dari kelinci yang biasa ditemui sehari-hari. Kelinci itu adalah kelinci german giant.

 

Apa itu kelinci German Giant?

Continental Giant atau dikenal juga sebagai German Giant adalah jenis kelinci yang ukurannya sangat besar, lebih dari ukuran kelinci pada umumnya. Hewan berkaki empat dan bertelinga panjang ini awalnya dibiakkan untuk daging. Kelinci ini disebut-sebut sebagai jenis turunan dari kelinci Flemish Giant. Kelinci ras ini berasal dari Eropa dan banyak dikembangbiakkan di negara Jerman.

Rekor ukuran kelinci German Giant terbesar di dunia dipegang oleh Anette Edwards dengan kelinci miliknya yang bernama Darius. Kelinci milik Anette tersebut memiliki panjang 132 cm dan berat badan 24 kg pada usia dewasa. Ukuran tersebut hampir sama dengan ukuran anak-anak di usia sekolah dasar. Usia rata-rata kelinci berukuran raksasa ini bisa mencapai 4 sampai 5 tahun.

Kontes kelinci German Giant dibanding ras lainnya

Selain dijadikan sebagai kelinci pedaging, bulu kelinci ini biasanya juga diambil untuk keperluan fesyen. Kepopuleran kelinci ini hingga kini telah menyebar ke seluruh dunia khususnya Indonesia.

Bahkan, telah ada kontes kelinci untuk kelinci dengan German Giant ini. Indikator penilaian untuk kontes kelinci ras ini mulai dari kesehatan, ukuran badan, postur, hingga keindahan warna bulunya.

 

Ciri-ciri kelinci German Giant

  • Ukuran Telinga

Sebab ukurannya tubuhnya yang besar, kelinci German Giant memiliki ukuran telinga yang sangat panjang. Rata-rata ukuran telinga kelinci German Giant dewasa ialah minimum sepanjang 19 cm. cara mengukurnya diambil dari pangkal telinga kelincinya.

  • Berat Badan

Standar berat badan kelinci German Giant usia remaja atau junior adalah 6 kg. Adapun untuk kelinci German Giant yang masuk kategori senior rata-rata memiliki berat badan sebanyak 7,5 kg sampai 11 kg. Akan tetapi, ukuran ini bisa berbeda di satu peternakan dan lainnya.

  • Warna bulu

Meskipun sekilas tampak sama dengan warna bulu kelinci ras lainnya, tetapi ada ciri khas khusus yang hanya dimiliki kelinci German Giant. Kelinci ini memiliki sepuluh corak warna utama yang telah ditetapkan oleh standar negara Jerman. Secara umum, kelinci German Giant ini memiliki warna keabu-abuan, biru, cokelat, kuning, maupun putih. Adapun bulu kelinci ras ini memiliki tekstur agak kasar.

 

Kesimpulan

Kelinci German Giant berasal dari Eropa dan banyak dikembangbiakkan di negara Jerman. Kelinci ras ini termasuk salah satu yang terbesar di dunia. Awalnya kelinci ini dikembangbiakkan sebagai kelinci pedaging, tapi kini sudah ada kontesnya juga. Tertarik untuk memelihara?