Les JavaScript Nextgen

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat situs web menjadi interaktif. JavaScript dibuat pada tahun 1995 oleh Brendan Eich, orang yang menemukan JavaScript. Versi pertama bahasa pemrograman ini sangat sederhana dan telah berkembang seiring waktu untuk menyertakan lebih banyak fitur seperti tipe data, ekspresi, dan operator. Javascript juga menyertakan pernyataan kondisional yang memungkinkan Anda membuat keputusan dalam kode berdasarkan kondisi tertentu.

Les JavaScript Nextgen akan membahas dasar-dasar tipe data, ekspresi dan operator serta bagaimana membuat keputusan dalam kode dengan pernyataan bersyarat. Anda akan membuat fungsi JavaScript pertama Anda dan diperkenalkan dengan konsep ruang lingkup yang sangat penting untuk memahami pemrograman berorientasi objek.

Les ini dilakukan secara online dan Anda dapat segera mendaftar. Anda juga akan segera memiliki les JavaScript yang lebih advance yang mencakup topik yang lebih canggih seperti Node.js, React JS, dan Angular JS. Daftar ke buletin Nextgen untuk mendapatkan pembaruan saat menambahkan jenis les baru ke situs web Nextgen. Kurikulum untuk les JavaScript meliputi:

Pengenalan variabel Javascript

Materi ini mencakup pengenalan struktur dan tata letak javascript, variabel string, variabel angka bulat dan desimal kemudian juga variabel boolean.

Belajar mengakses komponen HTML memakai Javascript

Dalam materi ini akan diajarkan untuk mengambil isi input text, select, checkbox dan radiobutton.

Operasi matematika

Dalam materi ini akan diajarkan berbagai operasi matematika seperti tambah, kurang, bagi, kali dan juga akan diajarkan bagaimana membuat kalkulator sederhana menggunakan JavaScript.

Operasi pada text

Materi ini akan mencakup semua operasi pada text seperti menggabungkan dua text, menghitung panjang text, memotong text, mengganti text, mencari posisi text, mengubah text menjadi huruf besar dan lain sebagainya.

Perbandingan dengan Javascript

Dalam materi ini akan diajarkan cara membandingkan angka dan text dan juga menggunakan operator negasi, switch case sampai perbandingan menggunakan OR.

Menangkap event dari komponen HTML

Dalam materi ini diajarkan cara memakai event onchange, onclick, onkeypress, onmouseover, onmouseout dan onsubmit.

Membuat fungsi

Dalam materi ini akan diajarkan cara membuat fungsi serta penjelasan tentang argumen dan parameter fungsi serta kembalian fungsi.

Array dan JSON menggunakan Javascript

Dalam materi ini akan dijelaskan cara melakukan operasi menggunakan JSON dan array, baik array satu dimensi sampai array dua dimensi.

Pengulangan menggunakan Javascript

Dalam materi ini akan dijelaskan cara pemakaian pengulangan memakai for, while, do while serta keyword break dan continue.

Javascript Object

Dalam materi ini akan diperkenalkan konsep OOP dengan memakai JavaScript seperti membuat object, mengakses properti dalam object dan lain sebagainya.

Penutup

Jika Anda menyukainya, pertimbangkan untuk membagikannya dengan teman-teman Anda yang baru memulai karir mereka dalam JavaScript atau bahasa pemrograman lainnya. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang kursus, jangan ragu untuk menanyakan apapun kepada kontak Nextgen.