Bagaimana Hufanoxil Bekerja

Hufanoxil adalah antibiotik turunan penisilin yang dapat digunakan untuk infeksi bakteri. Ini adalah salah satu antibiotik paling umum yang diresepkan oleh dokter. Antibiotik ini tergolong antibiotik murah dan harga hufanoxil di pasaran sangat terjangkau untuk khalayak umum.

Hufanoxil bekerja dengan menghentikan produksi protein yang dibutuhkan oleh bakteri untuk tumbuh dan bertahan hidup. Ini mencegah infeksi bakteri berkembang biak di tubuh Anda, yang membantu mengurangi gejala dan mengurangi keparahan infeksi.

 

Bagaimana Hufanoxil bekerja?

Hufanoxil digunakan untuk mengobati berbagai infeksi yang disebabkan oleh jenis bakteri tertentu yang dapat menyebabkan bronkitis, pneumonia, tonsilitis atau infeksi pada telinga, hidung, tenggorokan dan kulit. Paling sering digunakan untuk mengobati infeksi telinga dan radang amandel yang disebabkan oleh bakteri seperti Streptococcus pneumoniae (pneumokokus), Haemophilus influenzae type b (Hib) dan Staphylococcus aureus (staph). Ini juga biasa digunakan untuk mengobati infeksi telinga tengah, sering kali bersamaan dengan jenis antibiotik lain yang disebut "obat tetes telinga antibiotik."

Hufanoxil adalah salah satu dari beberapa antibiotik yang dapat diberikan melalui mulut (oral) dan dikenal sebagai antibiotik oral. Ini penting karena membuat amoksisilin, seperti antibiotik oral lainnya, sangat nyaman bagi pasien dan dokter.

Hufanoxil tersedia dalam bentuk kapsul, suspensi (cair), tablet dan bubuk untuk larutan oral. Ini juga tersedia dengan menggunakan resep dokter dalam kombinasi dengan antibiotik lain.

 

Interaksi, kontraindikasi dan efek samping

Hufanoxil berinteraksi dengan beberapa jenis obat yang berbeda dalam tubuh, termasuk digoxin (obat untuk mengontrol irama jantung), pil KB dan probenecid (obat anti inflamasi yang digunakan untuk arthritis). Interaksi ini membuat amoksisilin menjadi "obat pilihan" pada pasien dengan penyakit lain yang lebih serius.

Hufanoxil juga dapat berinteraksi dengan obat yang disebut antibiotik sulfa (seperti Bactrim atau Septra), yang digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih dan ruam kulit yang disebabkan oleh alergi. Kedua jenis obat ini tidak boleh dikonsumsi bersamaan karena dapat menyebabkan pasien mengalami ruam atau reaksi alergi lainnya.

Hufanoxil dapat diresepkan untuk orang yang memiliki infeksi saluran pernapasan atas (hidung dan tenggorokan) yang disebabkan oleh Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae type b atau Staphylococcus aureus, infeksi saluran kemih bagian bawah yang disebabkan oleh bakteri E. coli dan infeksi pada kulit atau struktur kulit ( seperti bisul atau impetigo) yang disebabkan oleh Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes.

Hufanoxil diberikan kepada orang yang sedang menyusui dan, dalam beberapa kasus, anak-anak di bawah usia 8 tahun. Untuk kelompok ini, antibiotik alternatif dapat diresepkan jika ada efek samping atau alergi parah terhadap amoksisilin.

Efek samping Hufanoxil mungkin termasuk nyeri di perut bagian atas (daerah perut), mual dan muntah, diare atau sembelit, kejang (convulsions) atau ruam. Ini juga dapat menyebabkan kesulitan bernapas jika dikonsumsi dalam dosis tinggi.