Cara Membuat Santan Kanil Serta Khasiat Santan yang Unik

Santan adalah cairan putih seperti susu yang terbuat dari parutan daging kelapa tua yang dibasahi sebelum diperas dan disaring. Penampilannya yang buram dan rasanya yang kaya adalah karena kandungan minyaknya, yang sebagian besar terdiri dari lemak jenuh.

Santan adalah bahan makanan populer di Asia Selatan, Karibia, Asia Tenggara dan Amerika Selatan. Santan memiliki rasa yang berminyak sehingga dapat digunakan sebagai penyedap rasa untuk menambah cita rasa pada masakan. Santan mengandung tiga nutrisi utama yaitu lemak 33,80%, protein 6,10%, dan karbohidrat 5,60%.

Hal ini sejalan dengan apa yang dikatakan dalam sebuah penelitian yang menemukan bahwa penambahan santan dapat menambah cita rasa serta nilai gizi. Santan menambah gurih karena tinggi lemak. Berikut ini cara membuat santan kanil dan khasiat santan yang unik.

 

Cara Membuat Santan Kanil

Bahan-bahan

  • 1 buah kelapa parut
  • 100 ml air panas

Cara membuat

  1. Masukkan kelapa parut ke dalam wadah. Tuang 500 ml air panas ke dalamnya, biarkan dingin sebentar.
  2. Peras parutan kelapa hingga keluar dari kelapanya
  3. Tekan kelapa kering di atas saringan dan pindahkan pasta kelapa ke wadah lain. Lakukan ini sampai semua kelapa kering diperas.
  4. Siapkan mangkuk untuk santan dan saringan santan. Santan kanil sudah jadi.
  5. Atau jika ingin lebih praktis bisa mengolah dengan mesin santan kelapa dan mesin parut kelapa.

 

Khasiat Santan yang Unik

1. Jadi sumber lemak yang baik

Santan mengandung lemak jenuh yang tinggi, tetapi varietas ini tidak berbahaya karena mengandung trigliserida rantai pendek hingga menengah, bukan trigliserida rantai panjang. Jenis ini berbentuk molekul sederhana, sehingga mudah larut dalam air.

Lemak ini juga menghasilkan energi lebih cepat dan mempercepat metabolisme Anda karena membuatnya lebih mudah untuk berpindah dari usus kecil ke hati. Dengan cara ini, hanya sedikit sisa lemak yang terbentuk atau terakumulasi dalam jaringan adiposa. Selain itu, santan mengandung asam laurat, yang lebih mirip dengan lemak ASI yaitu lemak baik, bukan seperti lemak jahat dalam daging.

2. Upaya menjaga imunitas

Salah satu manfaat santan yang bisa kita dapatkan adalah kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Seperti yang kita ketahui, vitamin C dapat membantu menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Selain itu, asam laurat, asam kaprat dan antimikroba yang terkandung dalam santan memiliki efek antibakteri, antijamur, dan antivirus. Bahan-bahan yang berbeda ini juga mampu melindungi sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai virus berbahaya dan bakteri, mulai dari herpes hingga flu.

3. Menjaga keindahan rambut Anda

Santan juga bisa menjadi alternatif untuk merawat rambut yang kurang sehat seperti rambut rontok, rambut kering, mengatasi ketombe, mempercepat pertumbuhan rambut dan menyehatkan kulit kepala. Caranya adalah dengan mengoleskan santan pada rambut hingga merata di kulit kepala sambil dipijat perlahan.

Kemudian bilas dan cuci rambut Anda seperti biasa dengan sampo. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan pertumbuhan rambut, Anda juga bisa mengatasinya dengan masker yang terbuat dari campuran santan dan lemon.

4. Menjaga kesehatan kulit wajah

Karena santan efektif sebagai pelembab alami, baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Dimulai dengan mencegah munculnya garis-garis halus di wajah, hingga mencegah kekeringan, mengencangkan dan mencerahkan kulit.

Santan juga bisa berperan sebagai makeup remover yang baik dengan cara campurkan minyak kelapa dan santan dengan perbandingan 1:2, tuang atau celupkan kapas ke dalam campuran tersebut, lalu usapkan pada wajah.

 

Itulah cara membuat santan kanil dan khasiat santan yang unik, semoga artikel saya dapat bermanfaat, terimakasih.