Pemanfaatan Limbah Kayu Mebel

Dalam industri mebel kayu memang menghasilkan limbah banyak jenis limbah yang dihasilkan seperti serbuk kayu hasil serut, serbuk gergaji dan papan kayu kecil hasil pemotongan yang sudah tidak bisa digunakan menjadi produk furniture besar. Untuk itu agar bermanfaat limbah ini dijadikan berbagai kerajinan dan produk yang bisa dijual kembali tentunya.

Mari membahasnya disini limbah kayu hasil industri mebel dimanfaatkan menjadi apa saja. Ini sangat menarik dan memberikan anda inspirasi bahwa industri bila dikelola dengan baik sebenarnya bisa menghasilkan keuntungan yang baik serta ramah lingkungan. Semua industri memang seharus memanfaatkan limbah hasil produksinya agar tidak mencemari lingkungan sekitarnya.

Berikut ini kita infokan produk atau limbah apa saja yang bisa dimanfaatkan dari limbah kayu mebel.

 

1. Limbah serut

Untuk limbah dari kayu mebel ini biasa digunakan untuk membakar proses pembuatan batu bata. Dijepara sendiri bernama pasahan, ini merupakan hasil limbah mebel kayu dari serutan. Limbah ini digunakan untuk proses pembakaran batu bata sehingga bermanfaat dan tidak membuat sampah yang banyak, namun sebenarnya karena kayu limbah ini tidak mengotori lingkungan seperti plastik. Karena limbah kayu dapat terurai.

2. Limbah gergaji

Jenis limbah dari gergaji ini lebih halus biasa disebut bubukan karena halus dan lembut, banyak diambil oleh perusahaan dalam membantu proses pembuatan obat nyamuk bakar tentunya. Itulah sederet manfaat dari limbah kayu yang bisa digunakan menjadi berbagai bahan baku produk lain. Selain dibuat bahan baku obat nyamuk bakar juga dimanfaatkan menjadi proses pembakaran batu bata juga.

3. Limbah potongan kayu

Yang terakhir limbah potongan kayu kecil biasa digunakan untuk bahan baku kerajinan seperti wall decor dan kerajinan kayu lainnya seperti tempat tisu, tempat aqua dan juga sendok dan garpu kayu. Semua coba dimanfaatkan agar sisa industri mebel tidak terbuang sia sia. Itulah kenapa banyak yang mencoba memanfaatkannya saat ini.

 

Bila anda tertarik untuk mendapatkan produk mebel asli dari jepara bisa pesan ke pengrajin mebel seperti Cahaya Mebel Jepara yang menerima pemesanan secara online maupun offline baik dalam jumlah satuan maupun grosir tentunya. Dengan harga terjangkau anda.