Mau Memulai Menjadi Freelancer? Ini 4 Jasa Freelance yang Paling Banyak Dicari

Menjadi seorang freelancer yang dapat bekerja kapan pun tanpa adanya ikatan waktu formal seperti pekerja kantoran tentu merupakan hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Freelance kini semakin populer, terutama bagi para generasi Z yang lebih dekat dengan teknologi.

Beragam situs freelance terbaik terus bermunculan sebagai wadah untuk bertemunya para pencari jasa dan juga para freelancer. Melalui situs ini, nantinya kamu dapat menawarkan jasa kamu atau pun pengguna dapat mencari jasa yang sesuai dengan yang diinginkan.

Dari banyaknya jasa freelance yang terdapat pada beberapa situs tersebut, ada beberapa kategori yang memiliki peminat atau bisa dikatakan paling banyak dicari dari waktu ke waktu. Penasaran apa saja bidang yang dimaksud? Yuk simak.

Freelance

1. Penulis Artikel Website

Untuk mengetahui sebuah informasi, kini kita cukup membuka google, lalu mengetikkan keyword, maka akan muncul banyak referensi website yang bisa memberikan kamu jawaban. Tentu ada peluang yang bisa kamu dapatkan dengan melihat situasi ini.

Dengan meningkatnya jumlah website yang ada di Google atau internet, maka ada banyak peluang bagi kamu yang gemar menulis. Kamu bisa menjadi seorang content writer atau penulis artikel untuk website-website tersebut.

Ada pun kategorinya bisa beragam, seperti Teknologi, Kesehatan, Bisnis, dan beragam lainnya. Harga tiap artikel akan beragam, tergantung dengan kesepakatan kamu di awal. Selain itu, tentunya jika kamu sudah memiliki portfolio dan reputasi yang baik, bukan tidak mungkin kamu akan dihargai di atas harga pasaran.

2. Video Editor

Skena YouTube dan beberapa platform lainnya yang memiliki konten utama berupa video, kian diisi dengan beragam konten. Kini, tidak hanya akun personal saja yang rutin membuat konten, namun sudah banyak korporasi atau perusahaan yang mulai melirik ke arah tren ini.

Untuk menciptakan sebuah konten yang menarik, tentu dibutuhkan keahlian dalam menjahit frame-per-frame dari beberapa video menjadi satu kesatuan. Jika kamu memiliki keahlian dalam mengedit video, maka ini bisa jadi suatu hal yang bisa kamu tawarkan.

Kamu bisa memasang tarif berdasarkan beberapa hal, contohnya seperti jenis video, seberapa kompleks editan yang diminta, jangka waktu atau deadline yang diminta, dan beberapa lainnya. Jangan lupa, agar lebih meyakinkan, silahkan cantumkan beberapa portfolio video yang sudah pernah kamu buat.

3. Desainer

Desainer yang dimaksud disini bukan merupakan seorang desainer yang merancang sebuah gaun atau busana. Melainkan desainer digital yang bisa membuat konten sosial media, logo, banner, atau sejenisnya.

Desainer dengan kemampuan tersebut sedang banyak dicari dikarenakan kembali lagi mengenai pembuatan konten pada suatu akun, baik itu di YouTube, Instagram, Website, atau lainnya.

4. Admin Sosial Media

Biasanya sebuah perusahaan, akan memiliki beberapa sosial media sebagai tempat promosi atau branding mereka. Tentunya agar sosial media tersebut dapat memiliki pertumbuhan yang baik, maka perlu dirawat secara konsisten. Seperti untuk mengunggah konten, berinteraksi dengan followers, dan beberapa lainnya.

Tidak jarang perusahaan akan mencari seorang admin untuk menghandle khusus akun sosial media mereka. Jadi, kamu yang akan mengelola seluruh konten yang ada. Biasanya kamu juga tidak akan menghandle untuk satu akun saja, namun ada beberapa yang akan menjadi tanggung jawab kamu.

Keempat jenis pekerjaan di atas merupakan daftar teratas dari banyaknya jenis pekerjaan yang ada di situs freelance. Selain itu, kamu juga bisa melihat daftar lengkapnya melalui situs Teknolagi.ID dan ada beberapa tips lainnya yang bisa kamu aplikasikan.