Minyak Essensial untuk Mengatasi Jerawat

Salah satu cara alami dalam mengatasi jerawat adalah dengan memanfaatkan minyak esensial. Diyakini penggunaan yang teratur akan efektif memudarkan jerawat dan bekas jerawat sekaligus. Mengutip dari Cantikq.com, berikut ulasannya lebih jauh.

Apa Sebenarnya Minyak Esensial?

minyak essensial mengatasi jerawat

Minyak esensial adalah minyak yang diekstraksi dari sejumlah herbal dan rempah. Ada begitu banyak jenis minyak esensial, baik itu dari bahan bahan alami yang ada di Nusantara sampai produk herbal dan rempah yang lebih mudah dijumpai di luar negeri.

Minyak esensial diperoleh dari proses perebusan dan penyulingan. Menghasilkan minyak dengan kadar nutrisi dan fitokimia yang padat, sesuai dengan jenis herbal ataupun rempah yang menjadi bahan baku.

Elemen minyak dari minyak esensial sendiri biasanya berasal dari unsur lemak yang tersimpan pada herbal dan rempah. Semakin tinggi kadar lemak dalam herbal atau rempah tersebut, semakin banyak minyak yang dapat dihasilkan dari tiap gramnya.

Namun, pada herbal atau rempah dengan kadar lemak lebih rendah, justru unsur kandungan ekstraksinya menjadi lebih padat. Karena dibutuhkan lebih banyak herbal atau rempah untuk menghasilkan tiap tetes minyaknya.

Manfaat Minyak Esensial

Sebagaimana dijelaskan di atas, kandungan dari tiap minyak esensial sendiri cukup beragam. Menyesuaikan dengan kandungan dari bahan baku asli. Sehingga manfaat dari minyak esensial sendiri menjadi cukup beragam.

Tetapi, pada umumnya minyak esensial mengandung elemen anti inflamasi. Karena unsur ini juga lazim ditemukan pada sejumlah besar herbal dan rempah. Ini akan membantu mengurangi atau bahkan mengatasi peradangan.

Beberapa mungkin memiliki efek anti bakteri atau anti fungal. Juga mungkin memiliki aromaterapi karena aromanya yang segar dan menenangkan. Ada pula yang sifatnya sebagai astringent untuk menenangkan iritasi, melembabkan, menghangatkan, mengatasi pembekuan darah, memberi efek relaksasi dan lain sebagainya.

Minyak Esensial untuk Mengatasi Jerawat

Dari banyak manfaat dari minyak esensial ini Anda dapat menemukan bahwa minyak esensial juga bisa bekerja sebagai bahan alami untuk mengatasi jerawat. Perawatan secara rutin dengan bahan minyak esensial akan efektif membantu mempercepat keringnya jerawat dan membantu mengatasi peradangan.

Terapi dengan minyak esensial juga biasa mempercepat proses regenerasi kulit. Dengan  menjadi stimulant pembentukan sel baru untuk segera menutup luka bekas jerawat hingga tidak menyisakan noda yang kentara di wajah.

Biasanya sejumlah bahan alami minyak esensial yang lazim digunakan untuk mengatasi jerawat antara lain adalah minyak tea tree, minyak saffron, minyak kayu manis, minyak rosemary, minyak oregano, minyak mawar, minyak kunyit, minyak biji gandum, minyak lemon, minyak biji anggur dan banyak lagi.

Minyak esensial ini bekerja dalam banyak aspek untuk mengatasi jerawat dengan efektif. Termasuk membantu meredakan kemerahan dan peradangan pada kulit akibat jerawat. Kemudian juga mengeringkan jerawat dengan cepat. Menjaga kulit tetap lembab sementara jerawat dalam proses pengeringan.

Minyak esensial juga akan menutup pori pori sehingga mencegah terbentuknya sebum dan jerawat baru. Juga akan efektif membantu proses regenerasi kulit. Sehingga mempercepat proses penutupan luka, pembentukan jaringan kulit baru  dan menghambat pembentukan bekas luka jerawat.

Penggunaan Minyak Esensial pada kulit

Meski dianggap berkhasiat, pemakaian minyak esensial untuk mengatasi jerawat tetap harus dilakukan dengan bijak. Ini karena biasanya terdapat efek samping bila terapi dilakukan berlebihan. Anda cukup gunakan sehari sekali untuk jenis minyak esensial yang bersifat menenangkan kulit. Atau cukup 2 – 3 kali seminggu untuk minyak esensial yang bekerja mendorong pengangkatan sel kulit mati.

Anda bisa jalankan terapi dengan mengoleskan tipis minyak esensial pada wajah dan diamkan beberapa saat sebelum Anda hapus dengan air bersih atau sabun. Padukan minyak esensial dengan jenis minyak esensial kepala atau zaitun yang memiliki sifat lembut untuk hasil optimal mengatasi jerawat dan merawat kulit untuk jangka panjang.