Manfaat Akupuntur untuk Kesehatan

Akupuntur mempunyai manfaat kesehatan yang lumayan banyak mulai dari menghilangkan stres, menghilangkan perasaan mual di perut, menurunkan berat badan, meredakan nyeri di tubuh dan lainnya.

Akupuntur telah dikenal sebagai pengobatan yang cukup populer di China sejak ribuan tahun lalu dan kini menjadi salah satu bagian dari cara pengobatan yang telah diakui di kalangan dokter dan ilmuan.

Akupuntur dilakukan dengan cara menusukan jarum jarum halus pada bagian tubuh tertentu untuk menstimulasi tubuh.

Pengobatan China lekat dengan keyakinan mengenai energi tubuh yang mempengaruhi kesehatan. Energi tubuh ini disebut dengan Chi. Chi haruslah mengalir dan jika tidak maka seseorang akan merasakan sakit ditubuhnya. Akupuntur membantu menstimulus untuk meningkatkan dan membuat aliran Chi menjadi lebih baik.

Namun secara ilmu kedokteran akupuntur bekerja dengan menstimulasi saraf sensorik yang ada di kulit dan otot. Saat saraf sensorik ini terstimulasi maka nantinya tubuh dapat memproduksi hormon alami yang bisa meredakan rasa sakit. Ketika akupuntur dilakukan maka otak akan menghasilkan endorfin yang membuat merasakan sakit yang semakin mereda. Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan akupuntur.

1. Nyeri haid

Penelitian telah membuktikan bahwa akupuntur dapat meredakan nyeri haid bagi wanita yang seringkali merasakan sakit saat datang bulan atau menstruasi.

 

2. Meningkatkan kesuburan

Akupuntur bisa menambah kesuburan karena dapat menghilangkan kecemasan serta stress yang muncul. Ini cocok untuk dilakukan oleh wanita yang sedang ingin mendapatkan momongan. Ketika akupuntur dilakukan maka aliran darah ke rahim dapat lancar dan ini akan memicu sel telur untuk terus meningkat.

 

3. Sakit kepala

Akupuntur sangat efektif untuk meredakan sakit kepala dan migrain. Akupuntur juga selain dapat meredakan sakit kepala dapat juga membuat tubuh kita semakin jarang terkena sakit kepala.

 

4. Sakit leher

Ketika sakit leher maka akupuntur cocok digunakan sebagai pengobatan. Sakit leher terjadi karena posisi duduk yang kurang tepat. Dengan mengobatinya menggunakan akupuntur maka sakit leher dan persendian dapat dengan mudah mereda dengan lebih cepat.