5 Jenis Masakan Sayur yang Biasa Disajikan di Warung Makan yang Cocok untuk Dicoba

Berbincang tentang warung makan, kamu akan menemukan aneka masakan sayur yang disediakan. Tentu, adanya beberapa jenis sayur dan juga lauk tersebut akan membuat kamu lebih leluasa memilih mana menu yang sesuai dengan keinginan. Tidak hanya itu, di lain kesempatan, kamu juga bisa mencoba membuatnya di rumah.

Nah, beberapa jenis masakan sayur yang biasa disajikan di warung makan yang bisa kamu coba buat di rumah diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sayur Lodeh

Bisa dikatakan jika sayur lodeh adalah salah satu jenis sayur yang paling banyak disediakan di warung makan. Hal ini dikarenakan lodeh menjadi sajian istimewa yang banyak disukai oleh berbagai kalangan.

Apa yang menarik dari sayur ini adalah rasanya yang gurih dan pedas sehingga menggugah selera. Selain itu, lodeh juga memiliki isian yang cukup beragam mulai dari terung, kacang panjang, jipang dan lainnya.

Nah, jika kamu tertarik, tentu kamu bisa membuat sayur lodeh ala warung makan di rumah. Selain bahan-bahan yang relatif sederhana dan mudah didapatkan, cara pembuatannya pun juga cenderung simple.

2. Sop Ayam

Sop ayam juga seringkali disajikan di warung makan. Sayur berkuah ini memang sering menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin menikmati sajian menyegarkan, terutama di siang hari. Nah, meskipun dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana, rasa sop ayam yang menyegarkan tetap menggugah selera.

Tentu saja, jika kamu sedang bingung ingin masak apa di rumah, maka sop ayam bisa menjadi pilihan yang tepat. Nah, untuk membuat sop ayam yang lebih spesial, kamu bisa menambahkan aneka bahan lain seperti bakso, sosis, roulade dan lainnya. Jangan lupa tambahkan tempe goreng dan sambal pedas!

3. Tumis Kangkung

Siapa yang tidak kenal dengan sayur yang satu ini? Tumis kangkung memang menjadi idaman bagi banyak konsumen di warung makan. Meski merupakan sajian yang sederhana, tumis kangkung memiliki rasa yang nikmat sehingga cukup menggugah selera. Selain itu, harganya pun juga relatif lebih terjangkau.

Di warung makan, tumis kangkung umumnya disajikan dengan tambahan ikan teri untuk rasa yang lebih nikmat. Disajikan bersama nasi hangat dan telur dadar, kamu akan merasakan sajian yang begitu spesial.

Nah, di rumah, kamu juga bisa membuat sajian ini. Tidak banyak bahan yang diperlukan dan cara membuatnya pun sangat mudah.

4. Orak-Arik Sayur

Orak-arik sayur sekilas memiliki tampilan seperti menu capcai. Memang, keduanya dibuat dengan bahan sayuran yang relatif sama, seperti wortel, sawi, kol, buncis dan lainnya, terutama telur orak-arik. Tidak jarang, menu ini ditambahkan dengan aneka bahan seperti sosis dan bakso untuk menambah cita rasa. 

Nah, perbedaan utama dari orak-arik sayur dan capcai adalah pada kuahnya. Orak-arik sayur cenderung kering tanpa adanya kuah sebagaimana menu capcai sehingga bisa ditambahkan menjadi pendamping nasi. 

5. Pecel

Menu sayuran yang populer dan juga banyak disediakan di warung makan adalah pecel. Pecel merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer. Memang, ada banyak warung makan yang menjual menu khusus pecel. Namun, tidak jarang warung makan menyediakan pecel sebagai salah satu sajian yang dijual.

Nah, pecel adalah sajian legendaris yang begitu populer. Dibuat dari aneka sayur rebus, seperti bayam, kacang panjang, kubis, dan lainnya, sajian ini termasuk sayur yang begitu menyehatkan. Tidak hanya itu, ada guyuran sambal kacang khas yang membuat cita rasa pecel semakin nikmat.

Umumnya, pecel disajikan bersama nasi. Untuk cita rasa yang lebih mantap, kamu juga bisa menambahkan telur mata sapi sebagai pelengkap.