Keripik Emping Melinjo Pedas Manis yang Enak Beserta Manfaatnya

Pada artikel kali ini saya akan memberikan cara membuat keripik emping melinjo pedas manis yang enak dan bermanfaat baik untuk tubuh, bahkan bisa dikemas untuk diperjualkan.

Keripik Emping Melinjo

Emping Melinjo adalah sejenis makanan yang mirip dengan keripik. Keripik melinjo ini hadir dalam berbagai rasa, dari rasa asin gurih, rasa manis, dan rasa manis dan pedas, bahkan mungkin ada rasa lain yang tidak disebutkan. Pembuatan emping ini cukup mudah atau bisa menggunakan mesin pembuat emping melinjo agar lebih praktis.

Emping Melinjo juga memiliki dua jenis bentuk, yaitu bentuk tipis dan bentuk agak pipih. Makanan ini termasuk dalam kategori snack, yang bisa disandingkan dengan makanan berkuah seperti bakso atau mie ayam. Emping juga bisa dijadikan camilan saat sedang santai. Selain itu, Melinjo juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

Keripik Emping Melinjo Pedas Manis

Bahan-bahan

  • 400 gram keripik melinjo, jemur sampai benar-benar kering
  • 200 gram gula pasir halus
  • 70 gram gula merah, sisir
  • 60 ml air
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:

  • 6 buah cabai keriting merah
  • 6 buah cabai merah
  • 5 siung bawang putih
  • Garam secukupnya

Cara membuat

  1. Siapkan minyak secukupnya dan panaskan untuk menggoreng melinjo. Goreng keripik melinjo secara bertahap hingga matang. Angkat dan tiriskan sampai keluar minyaknya.
  2. Bumbu: Masukkan empat sendok makan minyak goreng dan panaskan, setelah itu tumis bumbu halus dengan api kecil hingga bumbu matang.
  3. Tambahkan air, gula pasir, dan gula merah. Aduk dan masak hingga bumbu matang, kental, dan berbulu.
  4. Tambahkan kasar kripik goreng. Campur dengan hati-hati dengan bumbu gula sampai merata. Angkat dan masukkan ke dalam winch agar dingin.
  5. Biarkan keripik dingin setelahnya. Simpan dalam wadah bersih. Atau bisa dikemas dengan hand sealer jika mau dipasarkan.

 

Manfaat Melinjo untuk Kesehatan

Melinjo juga sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, karena pasien biasanya diminta untuk menghindari keripik dan sejenisnya. Padahal Melinjo dan kulitnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Ramuan ini awalnya dianggap efektif dalam mengobati gigitan anjing. Melinjo juga dipercaya dapat mengatasi berbagai jenis penyakit dari waktu ke waktu, terutama anemia.

Komposisi protein melinjo juga membantu melawan radikal bebas penyebab penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, penyempitan pembuluh darah, penuaan dini, dan banyak lagi. Ingat, antioksidan vitamin c setara antioksidan dalam Melinjo. Hal ini membuat buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

1. Menjaga Kesehatan Otak

Kulit melinjo dapat mencegah dan melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dalam tubuh ini dapat mempengaruhi fungsi saraf dan otak.

2. Membantu Tumbuh

Mineral dalam kulit melinjo dapat menyebabkan masalah pada sistem saraf dan otot dan mendukung kesehatan jantung.

3. Sesuaikan Suhu Tubuh Anda

Melinjo dan kulitnya membantu tubuh mempertahankan suhu yang stabil dengan menjaga metabolisme dan fungsi enzim tetap stabil di bawah kondisi suhu yang ekstrim.

4. Jaga Kesehatan Kulit Anda

Jerawat bisa di permukaan wajah, jadi melinjo dan kulit juga bagus untuk perawatan jerawat.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan fosfor pada kulit melingjo juga membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, membantu mengatur kadar garam dan lemak, serta membantu ginjal menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Demikian artikel yang saya berikan tentang cara membuat keripik melinjo yang enak dan sehat untuk tubuh, semoga bermanfaat dan manjur, terima kasih.